Logo

Perhitungan produktivitas tenaga kerja pekerjaan bekisting dengan metode level of effort

Hartono, Budi (2007) Perhitungan produktivitas tenaga kerja pekerjaan bekisting dengan metode level of effort. Master thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Produktivitas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga satuan pekerjaan. Umumnya kontraktor di tidak melakukan perhitungan produktivitas karena membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang besar. Tujuan penelitian ini adalah mengukur produktivitas tenaga kerja bekisting dengan menggunakan metode level of effort, menghitung harga satuan upah pekerjaan, dan membandingkan produktivitas pekerjaan pada jam kerja normal dengan produktivitas pada jam kerja over time. Metode Level of effort merupakan metode yang cocok digunakan pada jenis pekerjaan yang besar dan memiliki banyak sub pekerjaan. Metode tersebut menggunakan rules of credit yang menunjukkan nilai pembobotan masing-masing sub pekerjaan. Penelitian tersebut dilakukan dengan studi kasus pada proyek hotel "X". Data dikumpulkan dalam dua bulan pengamatan. Bekisting pelat mempunyai produktivitas yang paling tinggi. Produktivitas pekerja bekisting kolom berada pada urutan yang kedua, sedangkan bekisting balok mempunyai produktivitas yang paling rendah. Bekisting balok menghasilkan harga satuan tenaga kerja yang paling tinggi sedangkan bekisting pelat menghasilkan harga satuan yang paling rendah. Over time, hujan, dan perbedaan hari kerja menyebabkan penurunan produktivitas pekerja pada semua jenis pekerjaan yang diteliti (pelat, balok, dan kolom), sedangkan ketinggian lantai tidak menyebabkan penurunan produktivitas tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Master)
Uncontrolled Keywords: productivity, level of effort, rules of credit, baseline productivity, daily productivity, total productivity, over time, unit price
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 10:34
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/13981

Actions (login required)

View Item