Logo

Analisa konservasi energi ditinjau dari orientasi delapan arah mata angin pada bangunan kembar hipotesis yang berbentuk trapesium dan persegi panjang dengan orientasi sumbu gedung utara-selatan

Simanjuntak, Jonathan (2009) Analisa konservasi energi ditinjau dari orientasi delapan arah mata angin pada bangunan kembar hipotesis yang berbentuk trapesium dan persegi panjang dengan orientasi sumbu gedung utara-selatan. Master thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konservasi energi adalah salah satu upaya untuk mengefisiensikan pemakaian sumber daya alam yang semakin berkurang jumlahnya. Analisa konservasi energi ini merupakan satu bagian dari suatu penelitian tentang sistem tata udara yang membahas tentang beban pendinginan yang dihasilkan oleh bangunan tersebut melalui perhitungan dengan metode CLTD dan OTTV, yang ditinjau dari posisi bangunan yang satu terhadap bangunan yang lainnya. Penelitian ini difokuskan pada bangunan kembar dengan bentuk trapesium dan persegi panjang, yang semua spesifikasinya disesuaikan dengan Singapore Reference Building. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi tengah-timur merupakan posisi yang paling efisien.

Item Type: Thesis (Master)
Uncontrolled Keywords: energy conservation, cooling load, cltd, otvv, building position, twin building
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 10:35
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/13990

Actions (login required)

View Item