Logo

Pemilihan lokasi kantor pemasaran bersama pengembang perumahan menengah dan sederhana di Surabaya dengan menggunakan AHP (analytical hierarchy process) (studi kasus : pameran perumahan AJBS Surabaya)

Wuli, Christian (2003) Pemilihan lokasi kantor pemasaran bersama pengembang perumahan menengah dan sederhana di Surabaya dengan menggunakan AHP (analytical hierarchy process) (studi kasus : pameran perumahan AJBS Surabaya). Master thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pameran perumahan merupakan media yang efektif bagi komunikasi antara perusahaan pengembang dengan konsumen, namun demikian pameran memiliki biaya sewa yang tinggi, durasi yang singkat (kurang lebih dua minggu), dan persiapan dekorasi stand yang membutuhkan waktu dan biaya. Kantor Pemasaran Bersama (KPB) merupakan pameran perumahan yang berlangsung secara terus-menerus sepanjang tahun. Penelitian ini akan menentukan alternatif lokasi KPB yang diminati oleh pengembang perumahan menengah dan sederhana maupun konsumen dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Kantor pemasaran bersama (KPB) pengembang perumahan menengah dan sederhana adalah sebuah pusat perbelanjaan (shopping centre) yang menjual rumah dan perlengkapannya. Menurut pengembang, kriteria pemilihan lokasi KPB adalah akses regional, karakteristik umum lokasi, dan lokasi mudah tampak dari jalan raya, sedangkan menurut konsumen adalah kenyamanan. Penelitian ini menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process), sedangkan program komputer yang digunakan adalah SPSS versi 11.00 for Windows dan Expert Choice versi 9.00. Hasil penelitian ini adalah responden yang tertarik terhadap KPB sebanyak 45%, agak tertarik 32%, kurang tertarik 11%, sangat tertarik 8%, tidak tertarik 3%, sangat tidak tertarik 1%, dan alternatif lokasi yang diminati oleh konsumen untuk dijadikan KPB adalah tanah di sebelah BCA Prapen dengan bobot 0.173 (17,3%), sedangkan lokasi yang cocok untuk KPB menurut pengembang adalah tanah di sebelah Vida Supermarket dengan bobot 0.264 (26.4%). Secara keseluruhan, lokasi yang diminati oleh konsumen maupun pengembang perumahan menengah dan sederhana di Surabaya untuk dijadikan lokasi KPB adalah tanah di sebelah Vida Supermarket dengan bobot 0.204 (20.4%)

Item Type: Thesis (Master)
Uncontrolled Keywords: joint marketing office, choosing location, analytical hierarchy process
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 10:33
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/14001

Actions (login required)

View Item