Logo

Perancangan konsep dasar arsitektural untuk pembuatan rumah susun murah dengan pendekatan keinginan dan kepuasan dari penghuni

Wijaya, Andhi (1998) Perancangan konsep dasar arsitektural untuk pembuatan rumah susun murah dengan pendekatan keinginan dan kepuasan dari penghuni. Master thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembuatan rumah susun saat ini dipandang sebagai salah satu penyelesaian terbaik untuk masalah perumahan. khususnya kota besar, pertumbuhan penduduk apabila tidak diimbangi dengan pengadaan perumahan yang memadai akan berpengaruh buruk pada lingkungan dan menimbulkan dampak masalah sosial. Pengadaan perumahan bagi masyarakat menengah ke atas dapat mudah terselesaikan, dengan kemampuan ekonominya mereka dapat memperlengakpi kebutuhannya sendiri. Tetapi bagi golongan berpenghasilan rendah yang tidak mampu membeli rumah meskipun ' rumah sangat sederhana ' membutuhkan upaya penyelesaian khusus, salah satu adalah cara sewa dengan subsidi dari pemerintah. Rumah susun yang sekedar dibuat dengan biaya serendah mungkin tanpa memperhatikan aspek sosial dan kebutuhan mendasar calon penghuninya dapat menyebabkan kegagalan saat beroperasional. Dengan mengevaluasi lebih dahulu aspek-aspek yang berpengaruh misalnya: luas hunian yang layak diperlukan, kebutuhan ruang utama, bahan material yang dipakai, fasilitas yang perlu disediakan bagi calon penghuni sebelum melakukan perancangan akan membantu penyelesaian masalah yang akan terjadi dan merupakan kunci berhasilnya pengadaan rumah susun. Ada banyak rumah susun yang selesai dibuat tetapi calon penghuni enggan menempatinya, ini disebabkan selain harga masih belum terjangkau juga disebabkan karena tidak sesuai dengan masalah sosial calon penghuni, padahal mereka yang membutuhkan hunian jumlahnya besar. Penelitian ini bertujuan mengetahui kebutuhan dan faktor-faktor yang berpengaruh pada penghuni dan konsep dasar perancangan, hasil penelitian akan menjadi masukan dan sumber data realitas bagi tahapan lanjutan nantinya yaitu pengembangan disain arsitektural yang perlu dilakukan sebagai gambar kerja untuk pedoman pelaksanaan pembangunan.

Item Type: Thesis (Master)
Uncontrolled Keywords: occupants, architectural design, houses, satisfaction
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 10:30
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/14032

Actions (login required)

View Item