Logo

Penelitian terhadap kuat penerangan, hubungannya dengan angka reflektansi warna dinding studi kasus ruang kelas Unika Widya Mandala Surabaya

Kristanto, Luciana (2001) Penelitian terhadap kuat penerangan, hubungannya dengan angka reflektansi warna dinding studi kasus ruang kelas Unika Widya Mandala Surabaya. Master thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kuat penerangan rata-rata dan kuat penerangan yang merata adalah dua buah faktor kuantitas pencahayaan yang harus dipenuhi dalam sistem pencahayaan general, agar penglihatan dapat berfungsi dengan baik. Landasan teori bahwa dinding dan langit-langit yang terang (berkaitan dengan angka reflektansi) sangat efisien dalam menghemat energi dan mendistribusikan cahaya secara merata digunakan dalaln memecahkan masalah tidak terpenuhinya kedua faktor tersebut di ruang-ruang kolas Unika Widya Mandala Surabaya. Di akhir penelitian, disimpulkan bahwa standar kuat penerangan rata-rata dapat dicapai dengan peningkatan angka reflektansi warna dinding sedang tercapainya standar pencahayaan merata, di samping peningkatan angka reflektansi wama dinding harus pula diatur letak lampu sesuai spacing criteria.

Item Type: Thesis (Master)
Uncontrolled Keywords: lighting, wall, reflectance, illumination
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 10:28
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/14048

Actions (login required)

View Item