Logo

Analisa konservasi energi ditinjau dari posisi pada bangunan kembar hipotetis yang berbentuk lingkaran dan ellips di Indonesia

Hartono, Robert (2008) Analisa konservasi energi ditinjau dari posisi pada bangunan kembar hipotetis yang berbentuk lingkaran dan ellips di Indonesia. Master thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aspek biaya merupakan salah satu faktor dalam pertimbangan fase perencanaan proyek konstruksi. Konservasi energi merupakan salah satu aspek dalam fase perencanaan proyek yang digunakan untuk mencapai efisiensi biaya pada fase operasional gedung. Penelitian ini fokus pada analisa konservasi energi yang menekankan perhitungan beban pendingin pada bangunan. Perhitungan dengan menggunakan metode CLTD dan OTTV, difokuskan pada bangunan kembar hipotesis dengan bentuk lingkaran dan ellips, yang spesifikasinya disesuaikan dengan Singapore Reference Building. Perhitungan dilakukan dengan mengubah posisi bangunan satu terhadap bangunan yang lain pada delapan orientasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi tengah-timur (barat) merupakan posisi yang paling efisisen dengan penghematan beban pendinginan 6,3 % untuk bangunan bentuk lingkaran dan 10,18 % untuk bangunan bentuk ellips terhadap bangunan tunggal yang tidak terkena efek pembayangan.

Item Type: Thesis (Master)
Uncontrolled Keywords: energy conservation, cooling load, cltd, ottv, building position, twin building
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 29 Mar 2011 10:11
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/14082

Actions (login required)

View Item