Logo

Studi pembuatan cellular lightweight concrete (CLC) dengan menggunakan beberapa foaming agent

Tansajaya, Anita and W, Nadia Krisanti Tjahjana (2008) Studi pembuatan cellular lightweight concrete (CLC) dengan menggunakan beberapa foaming agent. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cellular Lightweight Concrete (CLC) adalah jenis beton ringan yang menggunakan foam sebagai pengganti agregat kasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari cara pengaplikasian teknologi CLC dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembuatan CLC. Dalam penelitian ini dilakukan pembuatan CLC dengan tiga foaming agent yang berbeda, yaitu SL 100, SL 200, dan SLF 20; dengan densitas rencana 800 kg/m 3 dan 1200 kg/m 3 . Pengujian yang dilakukan adalah tes kuat tekan beton, water absorption, stabilitas foam, dan sifat fisiknya. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembuatan CLC dari penelitian yang dilakukan, adalah tipe foaming agent, komposisi campuran, dan w/c. Dari studi kepustakaan didapatkan faktor lain yang berpengaruh antara lain tipe foam generator dan mixer, tipe dan ukuran pasir, serta mixing time. Kuat tekan CLC paling dipengaruhi oleh densitas dan umurnya. Selain itu ada w/c optimum untuk slurry CLC sebelum ditambahkan foam. Dari penelitian water absorption didapatkan bahwa CLC dengan tipe foaming agent SL 100 dan SL 200 tergolong dalam kategori high absorption. Sedang untuk CLC dengan tipe foaming agent SLF 20 tergolong dalam kategori average absorption. Dari foto makro CLC ukuran gelembung yang terlalu besar menyebabkan luas permukaan yang menerima beban semakin kecil, sehingga kuat tekannya berkurang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: lightweight concrete, aggregate, cellular lightweight concrete density, foaming agent, water absorption
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 12 Apr 2011 14:55
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item