Logo

Pengembangan potensi dan promosi pantai Sendang Biru dan cagar alam pulau Sempu sebagai obyek wisata memancing di kota Malang

Setiawati, Anna and Tjokro, Agus (2001) Pengembangan potensi dan promosi pantai Sendang Biru dan cagar alam pulau Sempu sebagai obyek wisata memancing di kota Malang. Diploma thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ada dua obyek wisata yang masih belum terkenal di daerah Malang dimana lokasinya ada di Kabupaten Tingkat II Malang, Yaitu Pantai Sendang Biru dan cagar alam Pulau Sempu. Kedua obyek wisata ini dapat ditempuh 2,5 jam dari kota Malang melalui jalur darat. Pada kenyataannya, Pantai Sendang Biru dan cagar alam Pulau Sempu tidak hanya memiliki pemandangan alam yang sangat indah saja tetapi juga mempunyai potensi wisata yang menarik, seperti memancing yang mana dapat menarik perhatian turis domestik maupun mancanegara untuk datang. Bagaimanapun j uga Dinas pariwisata daerah Malang dan masyarakat setempat belum mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh kedua obyek wisata ini. Fenomena ini dapat dilihat dari kondisi nyata dimana orang-orang dapat melihat bahwa disana tidak ada pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun dalam menyediakan fasilitas untuk para wisatawan. Dan sejauh ini rencana promosi yang dilakukan oleh pemerintah belum mencakup Pantai Sendang Biru dan cagar alam Pulau Sempu. Penulis menyarankan untuk membangun fasilitas-fasilitas seperti toko-toko souvenir, toko-toko peralatan memancing, W.C umum, bak-bak sampah di Pantai Sendang Biru. W.C umum dan bak-bak sampah harus dibersihkan secara teratur oleh staf yang diperkerjakan pemerintah daerah. Selain itu penjaga pantai dan polisi pantai harus diperkerjakan oleh pemerintah daerah untuk memantau kedua obyek wisata ini. Dalam mempromosikannya, Penulis menyarankan kepada pemerintah untuk membuat dan menyebarkan brosur dan booklet di BPW, toko-toko peralatan memancing, klub-klub memancing di Indonesia. Selain itu, promosi yang dilakukan pemerintah melalui radio dan televisi juga sangat diperlukan. Disamping kegiatan pengembangan dan promosi, Disparda malang harus bekerjasama dengan Departemen Kehutanan untuk mengontrol perizinan dan pengawasan cagar alam Pulau Sempu guna menghindari pengerusakkan-pengerusakkan kelestarian alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tourist, trade, malang, pantai, ngliyep. pulau, sempu
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 05 Apr 2011 16:41
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/14140

Actions (login required)

View Item