Logo

Upaya-upaya mempromosikan tenun Gringsing sebagai cinderamata untuk menunjang perkembangan kepariwisataan Desa Tenganan Pegringsingan

Soetikno, Agustina (1994) Upaya-upaya mempromosikan tenun Gringsing sebagai cinderamata untuk menunjang perkembangan kepariwisataan Desa Tenganan Pegringsingan. Diploma thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pulau Bali merupakan daerah tujuan wisata yang sudah dikenal oleh wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Pulau ini tidak hanya terkenal dengan panoramanya yang indah, pantainya yang berpasir putih dan halus, kesenian serta kebudayaannya tetapi juga terkenal dengan cideramata yang khas. Salah satu diantaranya adalah tenun gringsing dari desa Tenganan Desa ini terletak di sela perbukitan, di Kabupaten Tk II Karangasem. Disinilah tenun girngsing dibuat dengan menggunakan teknik ikat ganda yang langka dan terkenal sangat rumit. Tenun gringsing mempunyai daya tarik tersendiri sebagai einderamata khas desa Tenganan. Tenun ini merupakan satu-satunya tenun ikat ganda yang ada di Indonesia. Diharapkan agar pihak-pihak yang terkait, dalam hal ini Diparda Tk I, BPU, dan Aparat Desa serta masyarakat setempat ikut dalam usaha mempromosikan tenun gringsing yang bertujuan agar lebih dikenal oleh wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: promotion, textile, traditional
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 05 Apr 2011 16:34
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/14211

Actions (login required)

View Item