Logo

Melestarikan dan mengembangkan permainan rakyat menjadi atraksi dalam wisata budaya melalui festival

, Jostina (1998) Melestarikan dan mengembangkan permainan rakyat menjadi atraksi dalam wisata budaya melalui festival. Diploma thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tahun 1998 telah dicanangkan sebagai Tahun Seni dan Budaya oleh Presiden Soeharto. Pernyataan ini sesungguhnya memberikan peluang yang cukup besar bagi dunia pariwisata, sebab jenis wisata yang paling diminati di Indonesia bahkan di dunia oleh para wisatawan adalah jenis Wisata Budaya. Sedangkan Permainan Rakyat merupakan suatu jenis seni budaya yang bila dilestarikan dan diperhatikan, sangat berpotensi menjadi daya tarik wisata bagi Wisata Budaya karena ragam dan nilai budayanya yang tinggi. Tetapi sayangnya, Permainan Rakyat kurang mendapat perhatian dari pihak-pihak yang sebenarnya sangat membantu dalam pelestariannya. Oleh karena itu, penulis ingin meneliti apakah Permainan Rakyat ini memiliki potensi untuk dilestarikan dan dikembangkan menjadi Atraksi Wisata. Untuk itu peranan nyata dari Pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi setiap kendala yang ada sangat diperlukan bagi pelestariannya sehingga pada akhiraya nanti pemanfaatannya sebagai Atraksi Wisata melalui bentuk yang sesuai, yaitu Festival, bisa dilakukan secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: traditional games, culture tourism, culture festival, citizen participation, goverment participation
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 05 Apr 2011 16:21
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/14321

Actions (login required)

View Item