Logo

Dapatkah pub di hotel berbintang menjadi salah satu sarana social night-life masyarakat kalangan menengah atas Surabaya ?

Yoeliawati, Shierly (1999) Dapatkah pub di hotel berbintang menjadi salah satu sarana social night-life masyarakat kalangan menengah atas Surabaya ? Diploma thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalain mernasuki era globalisasi sekarang ini, banyak kemajuan di berbagai bidangyang telah terjadi di seluruh dunia, tak terkecuali dalam bidang kepariwisataan. Hal ini juga terjadi di Indonesia sebagai salah satu negara berkernbang di dunia. Indonesia mempunyai 27 propinsi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Jawa Timor adalah salah satunya yang ber-ibukota di Surabaya. Sebagai kota terbesar ke-2 setelah Jakarta, Surabaya memiliki berbagai macam lapisan masyarakat yang terdiri dari masyarakat kalangan bawah, menengah hingga kalangan atas. Masyarakat kalangan menengah atas Surabaya ini terdiri dari orang-orang lokal seila orang-orang asing yang tinggal untuk bekerja di Surabaya. Kehidupan mereka sehari-hari selalu sibuk. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat Surabaya adalah kota bisnis yang besar. Oleh karena itu mereka membutuhkan tempat refreshing sebagai obyek hiburan untuk mengurangi ataupun menghilangkan stress. Diskotik meiupakan tempat hiburan malam hari yang paling digemari serta paling sering dikunjungi oleh masyarakat kalangan menengah atas Surabaya sebagai sarana social nigh-life mereka. Ketika pub-pub dihotel berbintang muncul, mereka mulai berminat untuk mencobanya. Seberapa besar minat mereka yang terdiri dari para pecinta diskotik , orang-orang asing yang bekerja di Surabaya serta orang-orang yang belum pernah mengunjungi tempat hiburan malam untuk mengunjungi pub-pub dihotel berbintang inilah yang dibahas. Juga dibahas mengenai peluang serta kendala-kendala yang mungkin dihadapi oleh pub-pub dihotel berbintang Surabaya. Hal ini dilakukan untuk menentukan apakah pub-pub dihotel berbintang dapat menjadi salah satu sarana social night-life masyarakat kalangan menengah atas Surabaya. Melalui hasil analisa survei serta kuisioner yang telah penulis lakukan kepada para pecinta diskotik dan orang-orang asing yang tinggal di Surabaya serta orang-orang yang tidak pemah pergi mengunjungi tempat hiburan malam yang rata-rata menyatakan bahvva mereka memang menginginkan suatu tempat hiburan malam yang berbeda dengan yang sudali ada, akhiniya dicapai suatu kesimpulan baliwa pub-pub dihotel berbintang dapat menjadi salah satu sarana social night-life masyarakat kalangan menengah atas Surabaya. Selain menjadi salah satu sarana social night-life, pub-pub dihotel berbintang juga merupakan salah satu aset obyek wisata dimalam hari kota Surabaya yang patut dikembangkan lagi untuk lebih menarik minat kunjungan vvisatavvan lokal maupun wisatawan mancanegara agar nantinya dapat lebih menambah pendapatan daerah propinsi Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pub, hotel, social, tourism, night life, restaurant, bar
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 05 Apr 2011 15:31
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/14685

Actions (login required)

View Item