Logo

Kiat-kiat promosi Surabaya-Bromo-Taman Safari sebagai obyek wisata pada masa ketidaksetabilan keamanan negara

S, Ong Yung Siang Liman (2001) Kiat-kiat promosi Surabaya-Bromo-Taman Safari sebagai obyek wisata pada masa ketidaksetabilan keamanan negara. Diploma thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada pertengahan tahun 1997, krisis ekonomi mulai melanda Indonesia, hal ini sebenarnya bisa merupakan berkah yang tersembunyi, karena nilai tukar mata uang Rupiah mengalami depresiasi terhadap mata uang asing. Jadi secara tidak langsung nilai harga fasilitas dan pelayanan khususnya di sektor pariwisata yang ada di Indonesia menjadi lebih murah kalau dibandingkan dengan negara lainnya. Tetapi sangat disayangkan, krisis ekonomi yang melanda Indonesia diikuti dengan gejolak sosial politik dalam negeri menimbulkan berbagai kerusuhan, sehingga mengakibatkan ketidakstabilan keamanan negara. Oleh sebab itu, khususnya sektor pariwisata mengalami banyak kerugian dalam penurunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang tadinya diharapkan dapat membantu meningkatkan devisa negara. Oleh karena itu, semua lapisan masyarakat termasuk Dinas Pariwisata Daerah dan instansi terkait seperti airlines, travel agencies, hotels, restaurants, souvenir shops serta para pengelola obyek wisata perlu bekerjasama lebih giat dalam mempromosikan sektor pariwisata kembali. Tentu dalam mempromosikan sektor pariwisata pada masa ketidakstabilan keamanan negara perlu diciptakan bentuk yang inovatif dan unik dibandingkan sebelumnya, termasuk memberikan jaminan keamanan yang dapat didukung oleh semua lapisan masyarakat. Dalam penulisan Tugas Akhir ini penulis, khususnya mengangkat primadona yang terdapat di Jawa Timur, yaitu Kota Surabaya yang merupakan ibukota Jawa Timur dan Gunung Bromo yang sudah terkenal akan keindahan panoramanya serta Taman Safari Indonesia II Prigen yang merupakan taman safari yang terbesar di kawasan Asia. Kiat-kiat promosi untuk dapat meningkatkan minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung kembali ke tiga tempat tersebut harus bisa merubah citra buruk tentang Indonesia yang disebabkan oleh kekacauan di negara ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tourist trade, surabaya, bromo, taman safari, promotion
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 13 Apr 2011 15:59
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/14778

Actions (login required)

View Item