Logo

Identifikasi karakteristik wisatawan di pulau Bawean: profil, motivasi, dan kegiatan mereka selama bulan Desember 2001-Mei 2002

Tanto, Yenni and Indriani, Vonny (2002) Identifikasi karakteristik wisatawan di pulau Bawean: profil, motivasi, dan kegiatan mereka selama bulan Desember 2001-Mei 2002. Diploma thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada pertengahan tahun 1997, krisis ekonomi mulai melanda Indonesia, hal ini sebenarnya bisa merupakan berkah yang tersembunyi, karena nilai tukar mata uang Rupiah mengalami depresiasi terhadap mata uang asing. Jadi secara tidak langsung nilai harga fasilitas dan pelayanan khususnya di sektor pariwisata yang ada di Indonesia menjadi lebih murah kalau dibandingkan dengan negara lainnya. Tetapi sangat disayangkan, krisis ekonomi yang melanda Indonesia diikuti dengan gejolak sosial politik dalam negeri menimbulkan berbagai kerusuhan, sehingga mengakibatkan ketidakstabilan keamanan negara. Oleh sebab itu, khususnya sektor pariwisata mengalami banyak kerugian dalam penurunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang tadinya diharapkan dapat membantu meningkatkan devisa negara. Oleh karena itu, semua lapisan masyarakat termasuk Dinas Pariwisata Daerah dan instansi terkait seperti airlines, travel agencies, hotels, restaurants, souvenir shops serta para pengelola obyek wisata perlu bekerjasama lebih giat dalam mempromosikan sektor pariwisata kembali. Tentu dalam mempromosikan sektor pariwisata pada masa ketidakstabilan keamanan negara perlu diciptakan bentuk yang inovatif dan unik dibandingkan sebelumnya, termasuk memberikan jaminan keamanan yang dapat didukung oleh semua lapisan masyarakat. Dalam penulisan Tugas Akhir ini penulis, khususnya mengangkat primadona yang terdapat di Jawa Timur, yaitu Kota Surabaya yang merupakan ibukota Jawa Timur dan Gunung Bromo yang sudah terkenal akan keindahan panoramanya serta Taman Safari Indonesia II Prigen yang merupakan taman safari yang terbesar di kawasan Asia. Kiat-kiat promosi untuk dapat meningkatkan minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung kembali ke tiga tempat tersebut harus bisa merubah citra buruk tentang Indonesia yang disebabkan oleh kekacauan di negara ini. dan karakteristik wisatawan yang diperoleh hanya pada bulan-bulan itu saja. Untuk memperoleh data penulis memakai dua cara, yaitu penyebaran kuisioner kepada wisatawan asing dan domestik dan melakukan wawancara pada wisatawan dan masyarakat Pulau Bawean. Hasil penelitian menunujukkan bahwa sebagian besar responden yang datang karena ajakan teman. Sebagian besar responden datang untuk rekreasi dan kebanyakan dari wisatwan tersebut sudah mengunjungi Pulau Bawean lebih dari satu kali karena mereka sangat terkesan dengan obyek-obyek wisata yang ada dan keramahtamahan penduduk local di Pulau Bawean.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tourist trade, east java, pulau bawean
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 05 Apr 2011 15:20
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/14780

Actions (login required)

View Item