Logo

Pesan humanisme dalam foto jurnalistik "Sex for Sale" karya Yuyung Abdi

Valensia, Anita (2009) Pesan humanisme dalam foto jurnalistik "Sex for Sale" karya Yuyung Abdi. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam komunikasi massa, foto jurnalistik merupakan media representasional yakni untuk membuat pernyataan, menjelaskan, atau melaporkan realitas yang sebenarnya. Tidak ada media komunikasi yang dapat menghentikan kejadian yang sifatnya sekilas selain foto. Sebuah foto harus dapat mengkomunikasikan pesan pesan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan humanisme yang digambarkan dalam foto jurnalistik Sex For Sale. Dengan memakai pendekatan kualitatif dan metode semiotika menurut Roland Barthes serta elemen-elemen visual yang ada pada foto, maka ditemukan pesan humanisme bahwa perempuan pekerja seks komersial dipandang sebagai subjek dan bukan objek, seksualitas perempuan adalah hak miliknya sendiri, berjuang untuk hidup merupakan sebagian ekspresi humanisme yang dimiliki oleh perempuan PSK, perempuan PSK karena keterbatasannya bebas untuk menentukan pilihan hidupnya sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: message, humanism, photojournalistic, semiotics
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 18:43
URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/1485

Actions (login required)

View Item