Logo

Tanggapan dan harapan masyarakat di kecamatan Tambak (khususnya desa Tambak) terhadap rencana pengembangan pariwisata Bawean

Hartono, Sylvia and Puspasari, Lydia (2002) Tanggapan dan harapan masyarakat di kecamatan Tambak (khususnya desa Tambak) terhadap rencana pengembangan pariwisata Bawean. Diploma thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan pariwisata seharusnya melibatkan partisipasi masyarakat setempat, baik dalam perencanaan maupun pelaksanaannya. Pihak BAPPEDA Gresik telah memusatkan pengembangan pembangunaan pulau Bawean di bidang pariwisata. Oleh karena itu BAPPEDA Gresik dan perencana pengembangan pariwisata hendaknya mulai melibatkan masyarakat sejak proses perencanaan pengembangan pariwisata. Mereka seharusnya mengetahui apa yang menjadi tanggapan, harapan, dan partisipasi masyarakat. Pada penelitian ini, penulis membantu pihak BAPPEDA dan perencana pariwisata mengetahui hal tersebut. Pada penelitian ini, penulis mengumpulkan data sehubungan dengan tujuan di atas melalui wawancara dengan penduduk di Bawean khususnya di desa Tambak dan penyebaran kuisioner. Pada akhir penelitian ini diketahui bahwa banyak responden yang setuju dengan pengembangan ini dan mereka mau berpartisipasi dalam industri pariwisata, seperti dengan menjadi karyawan obyek wisata, mengelola penginqan, dan menjadi guide. Akan tetapi mereka ini belum mempunyai keahlian dan pengalaman agar dapat terjun di bidang pariwisata. Walaupun pada dasarnya mereka setuju dengan pengembangan ini, mereka berharap agar dampak negatifhya dapat diminimalisasikan, seperti perubahan budaya asli dan tingkat kriminalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: turist, trade, bawean, east java, tambak
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 05 Apr 2011 15:06
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/14855

Actions (login required)

View Item