Logo

Promosi yang efektif dalam menjual paket tour olah raga formula-1 di Surabaya

Wijaya, Melissa Adi and Suryanata, Yossie Deliana (2001) Promosi yang efektif dalam menjual paket tour olah raga formula-1 di Surabaya. Diploma thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan membaiknya perekonomian di Indonesia pada tahun 2000, sektor industri pariwisata juga mulai bangkit kembali. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya penjualan outbound tour, termasuk juga dengan munculnya paket tour olahraga Formula-1 atau F-1 yang merupakan produk baru beberapa Biro Perjalanan Wisata di Surabaya. Kehadiran paket tour olah raga F-1 di kota metropolitan seperti Surabaya dapat menjadi penawaran baru bagi para penggemar olah raga F-1 pada khususnya dan masyarakat Surabaya pada umumnya untuk berwisata ke luar negeri. Namun sejauh ini dirasakan penjualan atas produk baru ini belum optimal bagi beberapa Biro Perjalanan Wisata di Surabaya, hal ini disebabkan karena promosi yang dilakukan kurang gencar dan kurang mengena untuk diketahui oleh masyarakat Surabaya. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui promosi apa yang telah dilakukan oleh beberapa Biro Perjalanan Wisata yang telah sukses menjual paket tour olah raga F-1, sehingga hasil dari penelitian ini dapat membantu dan sangat bermanfaat bagi beberapa Biro Perjalanan Wisata yang belum sukses menjual paket tour olah raga F-1 . Penulis juga ingin mengetahui darimana masyarakat tahu adanya paket tour F- 1, sehingga dapat diketahui kegiatan promosi apa yang paling efektif dan yang harus tetap dilakukan oleh Biro Perjalanan Wisata dalam meningkatkan penjualan paket tour F- 1 ini. Dari data yang penulis peroleh melalui penyebaran kuisioner dan wawancara dengan beberapa Manajer atau Staff Outbound Tour Biro Perjalanan Wisata di Surabaya seperti Jawa Holiday, Bimatama, Golden Rama dan Aneka Kartika, serta wawancara dengan para peserta yang telah membeli paket tour F-1 . Hasil dari pada penelitian ini dapat diketahui bahwa media promosi yang telah dilakukan selama ini adalah melalui Koran, Radio, Majalah, TV, Brosur, Acara Nonton Bareng F-1, dan dari Mulut ke Mulut, namun dari semua jenis media promosi tersebut yang paling efektif dalam menjual paket tour ini adalah melalui Koran, Majalah, dan Acara Nonton Bareng F-1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tourist, trade, promotion, surabaya
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 06 Apr 2011 13:16
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/14943

Actions (login required)

View Item