Logo

Melihat kinerja manajemen biro-biro perjalanan wisata di Surabaya

Darma, Tirta and Mulyo Halim, Budi (2001) Melihat kinerja manajemen biro-biro perjalanan wisata di Surabaya. Diploma thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bisnis tours and travel di Surabaya terus berkembang dan hal ini ditanda dengan bertambahnya jumlah Biro Perjalanan Wisata di Surabaya. Otomatis, hal ini akan menyebabkan persaingan antara biro-biro perjalanan di Surabaya. Sehingga, dalam menghadapi persaingan tersebut diperlukan suatu kinerja manajemen yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran kinerja manajemen dari Biro-biro Perjalanan Wisata yang ada di Surabaya dan diharapkan juga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas yang hendak membuka biro perjalanan yang baru. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan mengenai kinerja manajemen dari Biro-biro Perjalanan Wisata yang ada di Surabaya melalui pembagian kuisioner ke empat puluh Biro Perjalanan Wisata yang ada di Surabaya, divisi tiketing merupakan bagian yang vital dalam sebuah Biro Perjalanan Wisata. Selain itu, dalam hal teknologi komputerisasi ABACUS (Sistim Reservasi Tiketing) yang paling banyak dipakai oleh Biro Perjalanan Wisata yang ada di Surabaya. Sedangkan dalam hal memasarkan jasa dan produk dari Biro Perjalanan Wisata, media cetak dan brosur paling sering dipakai oleh mereka. Sehingga, dari hasil penulisan ini penulis berkesimpulan untuk mencapai kinerja yang baik diperlukan penanganan yang baik terutama dalam penggunaan sumber daya manusia, teknolog dan pemasarannya. Penulis akan mengemukakan pula beberapa buah pikiran yang diharapkan dapat berguna bagi Biro Perjalanan Wisata dan masyarakat yaitu Biro Perjalanan Wisata hendaknya selektif terhadap calon pegawai, dalam arti memilih pegawai yang mampu mengerjakan beberapa hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Di samping itu, Biro Perjalanan Wisata seyogyanya mengadakan briefing atau training terhadap pegawai baru tentang kiat-kiat mempertahankan pelanggan lama dan juga pelanggan baru menjadi pelanggan tetap. Pihak pengelola Biro Perjalanan Wisata perlu juga menanamkan kepekaan kepada para pegawai agar efisien di dalam merencanakan anggaran dan menggunakan peralatan kantor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: travel, agent, management, surabaya
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 05 Apr 2011 14:29
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/14944

Actions (login required)

View Item