Logo

MALIGE BUDAYA BUTON

Hidayatun, Maria Immaculata and Sigit, Lilianny and Damayanti, Rully and Asri, Altrerosje (2010) MALIGE BUDAYA BUTON. In: Workshop Pemanfaatan dan Pengembangan Benteng Benteng di Indonesia, 19 Oktober 2010, Hotel Sultan, Jakarta.

[img]
Preview
PDF (paper presented in Workshop Pemanfaatan dan Pengembangan Benteng Benteng di Indonesia, Jakarta, Oktober 2010) - Accepted Version
Download (11Kb) | Preview

    Abstract

    Pelestarian benteng Wolio berada dalam upaya Pelestarian, Pengembangan dan Pemanfaatan Bangunan cagar Budaya (BCB) di skala Nasional. Paper ini merupakan sebuah usulan pemanfaatan kawasan benteng Wolio dengan mempertimbangkan beberapa hal. Beberapa hal yang menjadi patokan adalah: 1. Kondisi lingkungan p. Buton yang sudah berkembang (salah satunya adalah wisata bawah laut Waikatobe) 2. Lokasi Benteng yang hanya berjarak 3 km dari pantai yang indah 3. Fisik Benteng yang masih memperlihatkan keunikan dan kemegahan kerajaan Buton sebagai pusaka benda 4. Kehidupan masyarakat dengan desa adatnya sebagai pusaka tak benda. Dengan melihat kemungkinan potensi potensi tersebut, maka usulan pengembangan dibuat dengan mempertahankan pusaka benda dan tak benda masyarakat buton yang memiliki sejarah yang sangat unik dan memiliki nilai penting dan tinggi, dengan membangkitkan kembali peranan istana buton sebagai generator budaya.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
    Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department
    Depositing User: Ms Altrerosje Asri
    Date Deposited: 05 Sep 2011 07:33
    Last Modified: 05 Sep 2011 07:33
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/15230

    Actions (login required)

    View Item