Logo

Media dan Perubahan Iklim: Aplikasi Medium Komunikasi Terkini dalam Mengkomunikasikan Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim.

Luik, Jandy E Media dan Perubahan Iklim: Aplikasi Medium Komunikasi Terkini dalam Mengkomunikasikan Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim. In: Konferensi Nasional Lingkungan Hidup, Surabaya, Indonesia.

[img]
Preview
PDF
Download (239Kb) | Preview

    Abstract

    Keberagaman medium komunikasi yang hadir dalam satu dasawarsa terakhir ini memberikan sebuah ruang bagi pesan lingkungan untuk menjadi topik hangat. Medium audio-visual seperti film telah memberikan ruang untuk kesadaran lingkungan. Dengan keberadaan World Wide Web, maka diseminasi pesan-pesan lingkungan menjadi semakin mudah untuk dilakukan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapapun selama ada koneksi Internet. Akan tetapi, adanya kemajuan teknologi medium komunikasi dalam diseminasi pesan tidak menjamin peningkatan kesadaran lingkungan. Hal inilah yang akan diulas oleh penulis dalam makalah yang singkat ini. Penulis melakukan survei terhadap beberapa karya yang memanfaatkan teknologi media terkini untuk mendapatkan sebuah model mengenai multimedialitas, hipertekstualitas, interaktifitas dan virtualitas dalam mengkomunikasikan perubahan lingkungan. Hasilnya, aplikasi yang menggunakan teknik microworld simulation memiliki karakteristik yang tinggi. Ditambah juga, selain memadukan ke-empat hal itu, kemampuan storytelling yang eksploratif, kreatif dan tepat juga diperlukan untuk menghasilkan kesadaran lingkungan.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: medium komunikasi, mitigasi dan adaptasi, kesadaran lingkungan, karakteristik media terkini.
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
    Depositing User: Jandy E. Luik M.A.Comms
    Date Deposited: 30 Mar 2012 16:50
    Last Modified: 30 Mar 2012 16:50
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/15385

    Actions (login required)

    View Item