Logo

DESAIN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN DI INDONESIA: HIJAU RUMAHKU HIJAU NEGERIKU

Tanuwidjaja, Gunawan (2011) DESAIN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN DI INDONESIA: HIJAU RUMAHKU HIJAU NEGERIKU. In: Seminar Workshop Lingkungan Hidup, Tema: Mensinergikan Kehidupan Mewujudkan Keberlanjutan, Universitas Kristen Petra, Surabaya 2011, May 2011, Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Desain Arsitektur Berkelanjutan di Indonesia: Hijau Rumahku Hijau Negeriku, Seminar Workshop Lingkungan Hidup, Tema: Mensinergikan Kehidupan Mewujudkan Keberlanjutan, Universitas Kristen Petra, Surabaya 2011) - Published Version
Download (1143Kb) | Preview

    Abstract

    Rumah merupakan kebutuhan dasar dari umat manusia selain sandang dan pangan. Di negara berkembang seperti Indonesia, kebutuhan perumahan terjangkau menjadi tantangan berat yang perlu dipecahkan karena tingginya laju pertumbuhan penduduk dan rendahnya kemampuan ekonomi sebagian besar masyarakat. Di sisi lain cepatnya Urbanisasi, “Urban Sprawling”, spekulasi properti secara berlebihan dan rendahnya kemampuan Pemerintah untuk mengadakan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, menyebabkan sulitnya masyarakat tsb untuk memenuhi kebutuhan rumah yang terjangkau dan berkelanjutan (Sustainable and Affordable Homes). Gerakan “Green Architecture”, “Eco-Architecture” atau “Sustainable Architecture”, telah memberikan warna pada perumahan di Indonesia sejak tahun 1980-an dengan tokoh –tokoh Y.B. Mangun Wijaya, Heinz Frick, Eko Prawoto. Dan tahun 1990-an di antaranya dengan Jimmy Priatman, Ridwan Kamil, Budi Faisal dll. Di sisi lain, berkembangnya “Desain Kontemporer dan Modern (Minimalis)” yang dipelopori oleh pada era 1990-an AMI juga ikut mendorong berkembangnya konsep di atas oleh pasar. Beberapa konsep “Eco-Architecture” mulai diterima oleh pasar, walau masih parsial. Tetapi banyak juga konsep yang salah dipahami karena persepsi pelaku usaha konstruksi dan masyarakat. Paper ini ditulis untuk mengangkat kembali isu “Sustainable Architecture” untuk Rumah Tinggal. Paper ini juga membahas konsep – konsep yang dikemukakan dalam Leadership in Energy and Environmental Design (LEED), terutama LEED for Homes Guidelines. Paper ini akan sangat berguna untuk Mahasiswa Arsitektur pada umumnya dan Mahasiswa Arsitektur UK Petra pada khususnya.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department
    Depositing User: Gunawan Tanuwidjaja S.T.,M.Sc.
    Date Deposited: 03 Aug 2012 07:14
    Last Modified: 03 Aug 2012 07:14
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/15546

    Actions (login required)

    View Item