Logo

SOSIALISASI DESAIN BAMBU PLESTER KEPADA WARGA DUSUN JATIWEKAS, DESA KEDAWUNG, KABUPATEN KEDIRI

Tanuwidjaja, Gunawan (2011) SOSIALISASI DESAIN BAMBU PLESTER KEPADA WARGA DUSUN JATIWEKAS, DESA KEDAWUNG, KABUPATEN KEDIRI. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT .

[img]
Preview
PDF (SOSIALISASI DESAIN BAMBU PLESTER KEPADA WARGA DUSUN JATIWEKAS, DESA KEDAWUNG, KABUPATEN KEDIRI) - Published Version
Download (1586Kb) | Preview

    Abstract

    Dusun Jatiwekas, Desa Kedawung, Kabupaten Kediri merupakan Desa yang cukup berkembang. Tetapi perkembangan Desa ini terhambat karena berbagai hal di antaranya ialah karena perekonomian desa ini bertumpu 100% pada pertanian tadah hujan, perkebunan yang subsisten dan memiliki taraf pendidikan yang kurang baik. Tetapi di sisi lain potensi Desa ini di bidang perkebunan terutama bambu tidak terolah dengan maksimal. Dengan memperkenalkan desain bambu plester diharapkan agar masyarakat Desa ini bisa meningkatkan kemampuan teknis sekaligus keindahan desain bangunan. Karena itu sosialisasi Desain Bambu Plester ini diharapkan akan mengubah persepsi Masyarakat lokal tentang desain bambu yang dikenal sebagai bangunan yang tidak menarik. Karena itu Sosialisasi ini menjadi sangat penting. Pertama – tama untuk melancarkan Sosialisasi ini maka diperlukan langkah – langkah sebagai berikut: Studi Literatur Bambu Plester dan Pengawetan Bambu; Pembuatan Mock-up Bambu Plester; Transportasi Mock-up Bambu Plester ke Dusun Jatiwekas, Kab Kediri; Sosialisasi dan Pelatihan Desain Bambu Plester; Pembelian Bahan – Bahan di Kediri; Dokumentasi Implementasi Desain Bambu Plester. Dan akhirnya, melalui program ini diharapkan agar Masyarakat pada umumnya dan Masyarakat Dusun Jatiwekas khususnya dapat menerima Desain Bangunan Bambu Plester yang lebih berkelanjutan daripada bangunan pada umumnya karena ketersediaan bahan baku di lokasi, keterlibatan tenaga lokal dan menekan biaya pembangunan.

    Item Type: Other
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department
    Depositing User: Gunawan Tanuwidjaja S.T.,M.Sc.
    Date Deposited: 03 Aug 2012 07:14
    Last Modified: 03 Aug 2012 07:14
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/15548

    Actions (login required)

    View Item