Logo

Pengaruh Orientasi Bangunan Pada Kondisi Termal Rumah Tinggal Di Surabaya (Studi kasus Perumahan Yekape Penjaringansari, Surabaya)

Canadarma, Wanda W. and Juniwati, Anik and Kristanto, Luciana (2008) Pengaruh Orientasi Bangunan Pada Kondisi Termal Rumah Tinggal Di Surabaya (Studi kasus Perumahan Yekape Penjaringansari, Surabaya). [Experiment]

[img]
Preview
PDF (Experiment) - Other
Download (708Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini mengungkap seberapa besar perbedaan kinerja termal dua rumah dengan desain sama, yang dibangun pada dua tapak dengan orientasi yang berbeda. Gagasan ini didasarkan pada kenyataan bahwa banyak pengembang hanya menerapkan satu desain rumah untuk berbagai tapak dengan orientasi yang berbeda-beda. Analisis kinerja termal didasarkan pada hasil pengukuran lapangan yang meliputi: suhu udara dan kelembaban di dalam dua bangunan di atas. Hasil pengukuran dipakai untuk menganalisis kondisi termal masing-masing ruang dalam satu bangunan, serta perbedaan kondisi termal ruang-ruang pada bangunan yang satu terhadap bangunan yang lain. Perbedaan kondisi termal yang terjadi, secara deskriptif dianalisis berdasarkan pengaruh orientasi dan desain bangunan. Kata kunci : kinerja termal bangunan, orientasi bangunan.

    Item Type: Experiment
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department
    Depositing User: Luciana Kristanto
    Date Deposited: 18 Jan 2013 10:46
    Last Modified: 18 Jan 2013 10:46
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/15669

    Actions (login required)

    View Item