Logo

Efisiensi Sistem Inventarisasi Pada Unit Perbekalan Universitas Kristen Petra Dengan Penerapan Sistem Stok Opname Menggunakan Barcode Reader.

Liliana, and Sandjaja, Iwan Njoto and H, STEFANUS GUNAWAN (2011) Efisiensi Sistem Inventarisasi Pada Unit Perbekalan Universitas Kristen Petra Dengan Penerapan Sistem Stok Opname Menggunakan Barcode Reader. In: Konferensi Nasional IdeaTech 2011, 12-11-2011 - 12-11-2011, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (399Kb)

    Abstract

    Unit Perbekalan di Universitas Kristen Petra merupakan sebuah unit yang berfungsi untuk menyediakan segala macam kebutuhan barang yang berhubungan dengan operasional unit-unit yang ada di dalam universitas. Selain itu, Unit Perbekalan Universitas Kristen Petra juga bertugas untuk menjaga semua inventaris barang yang ada di dalam lingkungan universitas. Salah satu kegiatan yang harus dilakukan untuk menjaga invetaris yang dimiliki universitas adalah dengan melakukan stok opname. Aplikasi sistem stok opname ini dengan tujuan untuk melengkapi sistem inventaris Unit Perbekalan Universitas Kristen Petra. Aplikasi akan dibuat dengan menggunakan teknologi web yang bertujuan untuk mempermudah penginputan dari seluruh ruangan yang ada di Universitas Kristen Petra. Aplikasi tambahan ini juga melakukan pengecekan kemungkinan mutasi barang secara langsung. Aplikasi yang dibangun menggunakan single-line hand held laser barcode scanner sebagai alat input untuk aplikasi stok opname yang dibuat. Sedangkan aplikasi sistem stok opname, sebagai aplikasi utama, dibuat dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6. Penggunaan barcode scanner menyesuaikan dengan sistem barcode yang telah diterapkan di Unit Perbekalan Universitas Kristen Petra. Dari hasil pengujian sistem aplikasi yang dibuat, didapatkan optimasi waktu stok opname yang cukup signifikan dibandingkan saat stok opname dilakukan dengan menggunakan sistem yang lama. Hal ini disebabkan aplikasi yang memungkinkan penginputan secara langsung dan aplikasi yang mudah mobilisasinya karena berbasis web sehingga aplikasi bisa diakses dari mana saja, berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang berupa aplikasi desktop yang hanya bisa diakses dari satu PC saja.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: Inventaris, Stok Opname, Perbekalan, Barcode, optimasi waktu
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 05 Nov 2012 17:41
    Last Modified: 05 Nov 2012 17:41
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/15899

    Actions (login required)

    View Item