Logo

Studi Eksploratif aktivitas Key User dalam mengimplementasikan Teknologi Enterprise Resources Planning (Studi kasus 5 Perusahaan Manufaktur Jawa Timur)

Basana, Sautma Ronni and Tarigan, Zeplin Jiwa Husada (2011) Studi Eksploratif aktivitas Key User dalam mengimplementasikan Teknologi Enterprise Resources Planning (Studi kasus 5 Perusahaan Manufaktur Jawa Timur). In: seminar nasional dan workshop pemodelan dan perancangan system PPS-MTI UNPAR, 30-11-2011 - 01-12-2011, Bandung - Indonesia.

[img] Microsoft Word
Download (159Kb)

    Abstract

    Enterprise Resources Planning merupakan sebuah teknologi sistem informasi yang terintegrasi dan digunakan oleh manufaktur kelas dunia dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Implementasi ERP pada perusahaan membutuhkan sikap perilaku karyawan yang dilakukan dengan sukarela, dengan tulus, dengan senang hati tanpa harus diperintah dan dikendalikan oleh perusahaan akan memberikan implementasi ERP dengan baik dan dikenal dengan istilah organizational citizenship behavior (OCB). Berdasarkan pada literature sebelumnya bahwa OCB yang terdiri atas loyalitas karyawan, moral, partisipasi dan kepatuhan karyawan berdampak pada efektifitas kerja para manajer (key users) di perusahaan. Sedangkan efektivitas key user melalui desain proses, penyediaan data dan penyesuaian data dengan teknologi ERP untuk meningkatkan kinerja perusahaan. OCB key user dan efektifitas kerja di perusahaan terlihat pada saat keberhasilan implementasi ERP melalui tahap-tahap implementasi. Berdasarkan hasil survey dan observasi/tinjauan langsung ke perusahaan serta dilakukan proses wawancara secara mendalam kepada praktisi industri pada perusahaan yang berbeda yakni perusahaan elektronika, perusahaan furniture, perusahaan keramik, perusahaan pakan ternak dan perusahaan makanan dan penelitian di observasi langsung pada perusahaan di Jawa Timur. Perusahaan dalam implementasi teknologi ERP sangat tergantung pada peranan manajemen puncak terutama dengan pemilik perusahaan aktif pada perusahaan memiliki kecenderungan implementasi yang lama. Perusahaan elektronika mengimplementasikan ERP sampai pada tahap post implementastion di bagian distribusi sedangkan pada modul lain tidak diimplementasikan. Kedua perusahaan furniture mengimplementasikan sistem ERP pada perusahaan dan hampir semua modul yang diperlukan perusahaan diimplementasikan dan kendala yang dihadapi adanya beberapa person centric process pada bagian produksi. Ketiga perusahaan keramik mengimplementasikan sistem ERP hanya pada bagian yang terkait dengan keuangan perusahaan yakni bagian accounting dan material management. Dan modul lainnya tidak dapat dilaksanakan akibat tidak adanya standard yang jelas pada perusahaan. Keempat perusahaan pakan ternak mengimplementasikan ERP Oracle sampai pada tahap uji coba. Sedangkan perusahaan makanan Sistem ERP pada perusahaan dilakukan dengan mengembangkan sistem tersendiri dengan menggunakan konsultan lokal. Sistem ERP yang telah dibangun melalui pengembangan telah memiliki perkembangan yang statis dan tidak dapat diubah mengikuti perkembangan bisnis perusahaan.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: OCB, key user, kinerja perusahaan dan reduksi biaya implementasi
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Graduate Program > Economic Management
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 17 Jul 2012 22:35
    Last Modified: 18 Sep 2012 21:40
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/15904

    Actions (login required)

    View Item