Logo

GAGASAN PEMANFAATAN BIBIR SALURAN AIR HUJAN KOTA SEBAGAI RUANG TERBUKA HIJAU (Studi Kasus Saluran Air Hujan Kota Di Jalan Raya Jemursari, Surabaya)

Canadarma, Wanda W. and Kristanto, Luciana (2006) GAGASAN PEMANFAATAN BIBIR SALURAN AIR HUJAN KOTA SEBAGAI RUANG TERBUKA HIJAU (Studi Kasus Saluran Air Hujan Kota Di Jalan Raya Jemursari, Surabaya). In: Seminar Lanskap Perkotaan - Green City, 18 Mei 2006, UPN Veteran Jawa Timur.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1928Kb) | Preview

    Abstract

    Makalah ini bertujuan mengemukakan gagasan pemanfaatan potensi bibir saluran air hujan di kota besar menjadi ruang terbuka hijau dalam bentuk streetscape. Penataan bibir saluran air hujan menjadi ruang terbuka hijau ini diharapkan dapat memberikan kontribusi meningkatkan kualitas keindahan lansekap perkotaan dan kenyamanan manusia dalam mencapai sebuah green city di Surabaya. Selain itu diharapkan dapat menurunkan tingkat polusi gas buang pada jalan di samping saluran. Kasus pada makalah ini, saluran air hujan di jalan Raya Jemursari punya potensi juga sebagai tempat penjual tanaman hias yang saat ini sudah ada dan cukup berkembang, tetapi kurang tertata dengan baik. Potensi yang ada pada kasus ini yaitu sebagai ruang terbuka hijau dan tempat penjualan tanaman dicoba dikembangkan bersama-sama untuk mencapai manfaat yang terbaik bagi sebuah green city, melalui penataan ulang, yang memungkinkan. Kata kunci: ruang terbuka hijau, bibir saluran air hujan

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department
    Depositing User: Luciana Kristanto
    Date Deposited: 21 May 2013 10:20
    Last Modified: 21 May 2013 10:20
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/15961

    Actions (login required)

    View Item