Logo

PERANCANGAN PROPELER TURBIN ANGIN POROS HORISONTAL DENGAN METODA BLADE ELEMENT MOMENTUM

Suprianto, Fandi Dwiputra and Sutrisno, and JONATHAN, PETER (2013) PERANCANGAN PROPELER TURBIN ANGIN POROS HORISONTAL DENGAN METODA BLADE ELEMENT MOMENTUM. In: Seminar Nasional Teknik Mesin 8, 20-06-2013 - 20-06-2013, Surabaya - Indonesia.

[img]
Preview
PDF
Download (1025Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (cek plagiasi)
    Download (107Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peerreview)
      Download (632Kb) | Preview

        Abstract

        Turbin Angin dapat menjadi salah satu solusi alat pembangkit tenaga listrik dengan mengkonversi energi angin menjadi listrik ditengah krisis energi global pada abad ke-21 ini. Kebutuhan energi didaerah perkotaan terus meningkat seiring berjalannya waktu yang tidak diikuti perkembangan sumber energi terbarukan. Dengan adanya gedung-gedung tinggi, semestinya meningkatkan potensi energi angin yang melewati sela-sela gedung yang merupakan konsentrator angin. Maka, perlu dirancang Propeler Turbin Angin yang optimal yang dapat menjawab kebutuhan energi di daerah perkotaan khususnya pada Gedung Hemat Energi yang sengaja dirancang khusus untuk memusatkan aliran angin.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan parameter-parameter disain untuk turbin angin poros horisontal yang meliputi rotor radius, chord length, dan twist dengan menggunakan metoda Blade Element Momentum. Coefficient of Performance (CP) dari perhitungan dibandingkan terhadap berbagai Tip Speed Ratio (TSR) serta perubahan profil blade baik secara linearisasi maupun mengganti komposisi dan konfigurasi airfoil yang akan digunakan. Nilai TSR yang digunakan adalah TSR 4 hingga TSR 10.Berdasarkan hasil penelitian, konfigurasi yang menghasilkan CP terbaik adalah Mixed Ideal Blade dengan nilai 47.6 pada TSR 8. Dari hasil penelitian tersebut, maka Mixed Ideal Blade dapat diaplikasikan pada Gedung Hemat Energi di daerah perkotaan.

        Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
        Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Horizontal Axis Wind Turbine, Blade Element Momentum, Gedung Hemat Energi, Blade Design, Wind Energy.
        Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
        Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 29 Jun 2013 18:52
        Last Modified: 18 Sep 2018 12:01
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16091

        Actions (login required)

        View Item