Logo

STUDI FENOMENOGRAFI (PHENOMENOGRAPHIC APPROACH) TERHADAP POLA RESOLUSI KONFLIK PADA ORGANISASI POLITIK DI MALAYSIA DAN INDONESIA

Priyowidodo, Gatut and Swestin, Grace and Vidyarini, Titi Nur (2013) STUDI FENOMENOGRAFI (PHENOMENOGRAPHIC APPROACH) TERHADAP POLA RESOLUSI KONFLIK PADA ORGANISASI POLITIK DI MALAYSIA DAN INDONESIA. Fundamental Research, 1 (1). pp. 1-15. ISSN - (Submitted)

[img]
Preview
PDF
Download (1301Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah berorientasi pada pengembangan teoritik pada kajian komunikasi politik dan komunikasi organisasi. Dengan target khusus diperoleh diskripsi pengetahuan tentang konflik organisasi dan dilanjutkan dengan ditemukannya model atau pola resolusi konflik yang tepat pada organisasi poitik. Obyek yang dipilih adalah organisasi partai politik yakni Parti Keadilan Rakyat/ PKR untuk organisasi di Malaysia dan Partai Demokrasi Indonesia/PDIP untuk Indonesia. Dua partai politik ini dipilih dengan pertimbangan bahwa kedua organisasi politik ini menjalankan fungsi oposisional terhadap partai pemerintah yang dilaksanakan secara koalisi. Baik UMNO bersama Barisan Nasional (Malaysia) maupun Partai Demokrat bersama koalisinya (Indonesia), menyelenggarakan pemerintahan dibawah klaim negara demokratis dengan sistem politik multi partai. Karena didirikan dari pluralitas kepentingan dan latar belakang, PKR dan PDIP adalah organisasi yang rawan konflik. Friksi dan fragmentasi kepentingan internal organisasi, berimplikasi terhadap rendahnya kohesi dan konsolidasi organisasi. Itu sebabnya pada banyak kasus pemenangan penguasa lokal pada level negara bagian (Menteri Besar) di Malaysia dan provinsi (Gubernur) di Indonesia calon-calon PKR dan PDIP tidak terpilih. Berangkat dari realitas seperti itu maka diperlukan pola resolusi konflik yang tepat, agar fungsi partai politik sebagai kekuatan agregasi dan artikulasi kepentingan rakyat tetap dapat dilaksanakan. Metode penelitian yang digunakan berdasarkan paradigma interpretif/ kualitatif yang dikaji berdasarkan studi phenomenography. Kajian ini menekankan variasi pengalaman empirik dari informan yang terlibat langsung. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam (in depth interview), FGD (focus group discussion) dan telaah kepustakaan. Analisis data dilakukan secara tematik dengan bantuan NVIVO software, sebagai piranti analisis kualitatif. Hasil penelitian ini mencakup dua temuan: bentuk pertama tingkat pengetahuan konflik informan (pemimpin dan anggota organisasi) serta kedua dalam bentuk model resolusi konflik untuk organisasi politik. Pengembangan selanjutnya model tersebut dapat diadopsi oleh organisasi-organisasi atau stakeholder tertentu yang memiliki kemiripan latar belakang, strategi dan tujuan organisasi serta struktur organisasi khususnya di Indonesia dan Malaysia sebagai bangsa serumpun dengan kultur politik yang plus minus memiliki kesamaan.

    Item Type: Article
    Additional Information: -
    Uncontrolled Keywords: komuniaksi organisasi
    Subjects: Communication > Human Communication
    Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
    Depositing User: Gatut Priyowidodo
    Date Deposited: 01 Jul 2013 16:02
    Last Modified: 01 Jul 2013 16:02
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16096

    Actions (login required)

    View Item