Logo

Pengaruh Atribut Supermarket terhadap motif belanja Hedonik Motif belanja Utilitarian dan Loyalitas Konsumen

Subagio, Hartono (2011) Pengaruh Atribut Supermarket terhadap motif belanja Hedonik Motif belanja Utilitarian dan Loyalitas Konsumen. Jurnal manajemen Pemasaran, vol 6 (No 1). pp. 8-21. ISSN ISSN 1907-235X

[img] PDF
Download (2374Kb)

    Abstract

    Atribut supermarket menjadi perangsang motif pembelanja membeli produk, motif pembelian barang diklasfikasikan dalam Hedonik dan motif Utilitarian. Pemuasan motif Hedonik maupun Utilitarian menjadikan pembelanja setia kepada supermarket. manfaat dari studi ini mengaplikasikan teori stimulus organism Response yang dikemukakan Mehrabian Russel, konsep ini juga dikembangkan oleh Baker dan Donovan, dan konsep hedonik Arnold Reinold. Studi ini dilakukan di supermarket besar di Surabaya. respon konsumen dan persepsi untuk menjawab pertanyaan dan hipotesanya diuji dengan analisa SEM. responden diambil 200 menurut syarat maksim likehood. Hasil studi memperlihatkan bahwa atribut supermarket berpengaruh terhadap motif Hedonik dan Motif Utilitarian dan loyalitas konsumen. Temuan empiris dari studi ini bahwa motif Hedonik lebih kuat dari motif Utilitarian terhadap kesetiaan konsumen.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Atribut supermarket, Motif Hedonik, Motif Utilitarian, dan Loyalitas.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Graduate Program > Economic Management
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 19 Jul 2013 20:48
    Last Modified: 19 Jul 2013 20:48
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16182

    Actions (login required)

    View Item