Logo

BERBAGI INFORMASI DAN KUALITAS INFORMASI PADA IMPLEMENTASI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN

Astuti, Dewi and Basana, Sautma Ronni and Tarigan, Zeplin Jiwa Husada (2012) BERBAGI INFORMASI DAN KUALITAS INFORMASI PADA IMPLEMENTASI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN. In: Seminar Nasional Local Wisdom Enterprenurship, 09-10-2012 - 10-10-2012, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (317Kb)

    Abstract

    Implementasi SCM saat ini diperusahaan sudah mulai diterapkan oleh banyak industri guna dapat membangun hubungan antara pembeli dan pemasok dengan menggunakan teknologi informasi. Pada penelitian ini terdapat dua pertanyaan secara garis besar antara lain: pertama, bagaimana pengaruh berbagi informasi terhadap pembuatan laporan keuangan perusahaan, kedua bagaimana pengaruh kualitas informasi terhadap proses percepatan pembuatan laporan keuangan perusahaan. Indikasi keberhasilan implementasi SCM pada perusahaan secara praktis yakni laporan keuangan yang dapat dibuat oleh perusahaan. Berdasarkan hasil penyebaran 105 kuisioner melalui survey terhadap didapatkan 98 kuisioner kembali, namun hanya 43 responden berasal dari departemen keuangan dan akutansi. Dua kuisioner ditemukan diisi tidak lengkap sehingga tidak dapat digunakan, maka yang dapat diolah lebih lanjut sebanyak 41 kuisioner. Hasil penelitian ini ditemukan, bahwa berbagi informasi tidak memberikan dampak pada pembuatan laporan keuangan disebabkan adanya pembatasan akses data di perusahaan dan penggunaan data diperusahaan hanya dapat digunakan oleh manajemen perusahaan, namun berbagi informasi memberikan dampak pada penyediaan data berupa informasi yang berkualitas. Sedangkan kualitas informasi pada perusahaan memberikan dampak pada pembuatan laporan keuangan.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Additional Information: Pengembangan Hasil penelitian PDM kedua
    Uncontrolled Keywords: Berbagi Informasi, Kualitas Informasi dan Pembuatan laporan keuangan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HG Finance
    T Technology > TS Manufactures
    Divisions: Graduate Program > Economic Management
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 01 Jul 2013 05:46
    Last Modified: 01 Aug 2013 22:01
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16197

    Actions (login required)

    View Item