Logo

PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE TERHADAP KEPUASAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYWAN DEPARTEMEN PENJUALAN PADA PT. X

Wijanto, Erin and Sutanto, Eddy Madiono PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE TERHADAP KEPUASAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYWAN DEPARTEMEN PENJUALAN PADA PT. X. AGORA.

[img]
Preview
PDF
Download (178Kb) | Preview

    Abstract

    Pemimpin memiliki peran dan menjalankan perannya dalam mengelola organisasi. Namun dalam kenyataannya pemimpin tidak menjalankan perannya secara merata kepada semua bawahan, sehingga ada kelompok in group dan out group. Antara kelompok in group dan kelompok out group terdapat perbedaan pada kualitas hubungan atasan dengan bawahan. Kualitas hubungan yang tinggi dapat berdampak pada kepuasan kerja , motivasi kerja dan komitmen organisasional karyawan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji Pengaruh Leader Member Exchange Terhadap Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasional Karyawan Departemen penjualan Pada PT. X. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 orang karyawan Departemen penjualan Pada PT. X, dengan menggunakan metode sampel jenuh, maka ditetapkan sampel penelitian sebanyak 35 orang karyawan yang meliputi seluruh karyawan departemen penjualan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metode SEM (Structural Equation Modelling). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa LMX berpengaruh terhadap motivasi kerja, LMX berpengaruh terhadap kepuasan kerja, LMX berpengaruh terhadap komitmen organisasional, motivasi kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasional, sedangkan kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasional, dan motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Dari hasil penelitian menggunakan variabel intervening didapatkan bahwa LMX berpengaruh terhadap komitmen organisasional melalui motivasi kerja, LMX berpengaruh terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja, dan LMX berpengaruh terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja dan motivasi kerja.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Eddy Madiono Sutanto
    Date Deposited: 28 Oct 2013 12:48
    Last Modified: 28 Oct 2013 12:48
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16259

    Actions (login required)

    View Item