Logo

Penentuan Harga Jual Properti secara Otomatis menggunakan Metode Probabilistic Neural Network

Satiabudhi, Gregorius and Andjarwirawan, Justinus and POERNOMO, ALVIN (2013) Penentuan Harga Jual Properti secara Otomatis menggunakan Metode Probabilistic Neural Network. In: Indonesia Statistical Analysis Conference (ISAC) 2013, 28-11-2013 - 28-11-2013, Bandung - Indonesia.

[img] PDF
Download (730Kb)

    Abstract

    Wealth Aspiration, Inc. merupakan sebuah perusahaan di California yang bergerak di bidang properti real estate. Dalam menjalankan fungsinya, Wealth Aspiration seringkali membutuhkan estimasi harga jual suatu properti yang selama ini masih dilakukan se cara manual. Proses ini memakan waktu yang lama guna menganalisa data transaksi dan data lain terkait. Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi data mining untuk estimasi harga jual suatu properti dengan membandingkan kemiripan spesifikasi rumah yang dituju dengan rumah-rumah di sekitarnya dalam radius 1 mil dan memiliki sejarah transaksi jual-beli kurang dari 6 bulan. Estimasi dilakukan dengan menggunakan metode Probabilistic Neural Network dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrogramman Java. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi memiliki tingkat akurasi yang baik, yaitu 82,76 dan juga waktu proses yang cepat. Tingkat akurasi belum optimal dikarenakan adanya adjustment yang membutuhkan peranan manual dan setting bobot atribut yang juga masih dilakukan secara manual.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: Properti, Data Mining, Klasifikasi, Estimasi Harga, Probabilistic Neural Network
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 11 Dec 2013 01:00
    Last Modified: 11 Dec 2013 01:00
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16281

    Actions (login required)

    View Item