Logo

Kesadaran Masyarakat Surabaya untuk Memiliki Gaya Hidup Ramah Lingkungan “Green Living” Melalui Menghemat Penggunaan Energi Listrik

Rohi, Daniel and Luik, Jandy Edipson (2013) Kesadaran Masyarakat Surabaya untuk Memiliki Gaya Hidup Ramah Lingkungan “Green Living” Melalui Menghemat Penggunaan Energi Listrik. In: SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS UNIPA SURABAYA - XLII TEMA: PENGEMBANGAN TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN ME, 27-06-2013 - 27-06-2013, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (361Kb)
    [img] PDF
    Download (185Kb)
      [img] PDF
      Download (230Kb)

        Abstract

        ABSTRAK.Kebutuhan akan energi lstrik terus meningkat, namun ketersediaan belum mencukupi kebutuhan.Penggunaan listrik yang tidak terkontrol berdampak buruk pada kelestarian lingkungan.Energi listrik masih tergantung pada energi fosil seperti batu bara,minyak bumi dan gas alam.Dalam proses menghasilkan energi listrik energi fosil memberi pengaruh pada meningkatnya gas rumah kaca. Kenyataan ini memberikan keprihatinan untuk segera dilakukan upayakonservasi terhadap sumber daya energi. Konservasi energi, yang mana listrik termasuk didalamnya, dapat dilakukan melalui dua pendekatan yaitu pendekatan teknologi dan behavioral. Pendekatan behavioral dicapai dengan melakukan motivasi dan peningkatan kesadaran (awareness) hemat listrik. Dengan melakukan survei kepada pelanggan listrik yang ada di wilayah Surabaya, maka terlihat bahwa kesadaran hemat listrik masih perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat dari adanya gap antara pemahaman konsep sebesar 4,87, dari skala 1 sampai 5, dan pemahaman praktek sebesar 4,45. Apalagi, ditambah dengan adanya skor yang cukup tinggi (3,99) bagi kebiasaan-kebiasaan yang dianggap normal tetapi nyatanya tergolong tidak hemat listrik. Dengan demikian, perlu dirumuskan kebijakan-kebijakan yang dapat memaksa masyarakat untuk memiliki gaya hidup yang ramah lingkungan atau green living .

        Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
        Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Green living, Save Electricity, Energy Awareness,  
        Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
        Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 28 Jun 2013 21:12
        Last Modified: 28 Jan 2014 18:35
        URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16377

        Actions (login required)

        View Item