Logo

Representasi core emo values dalam video klip musik grup band My Chemical Romance

Halim, Kevin (2009) Representasi core emo values dalam video klip musik grup band My Chemical Romance. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Video klip musik yang diteliti adalah milik grup band My Chemical Romance "I?m Not Okay (I Promise)" (2005) dan "Welcome To The Black Parade" (2006). Peneliti meneliti subkultur emo lewat core emo values. Dalam kedua video klip musik ini representasi subkultur emo ditemukan lewat core emo values yaitu depression, effort(lessness), empathy, faith, insecurity, non-athleticism, serta karakter emo antiheroes. Representasi subkultur tersebut diteliti dengan menggunakan metode semiotika dalam menafsirkan produk teks media yakni kode-kode sosial John Fiske. Metode tersebut menganalisis penampilan, lingkungan, perilaku, cara berbicara, sikap tubuh, ekspresi, aksi, dan dialog. Penelitian ini menemukan bahwa core emo values digambarkan dalam kedua video klip musik meskipun My Chemical Romance mulanya menyangkal bahwa mereka bukan merupakan band emo. Core Emo Values dalam video klip musik menunjukkan avoidant personality disorder yaitu gangguan atau penyimpangan kepribadian yang menyebabkan seseorang melakukan perilaku menghindar. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa video klip musik adalah salah satu media massa yang digunakan sebagai alat promosi album dari seorang musisi. Tetapi ternyata sebuah video klip musik juga memuat pesan-pesan subkultur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: communication, representation, core emo values
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 18:28
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/1652

Actions (login required)

View Item