Logo

OPTIMASI DESAIN PENCAHAYAAN RUANG KELAS SMA SANTA MARIA SURABAYA

Dora, Purnama Esa OPTIMASI DESAIN PENCAHAYAAN RUANG KELAS SMA SANTA MARIA SURABAYA. Dimensi Interior, 9 (2). pp. 69-79. ISSN 1693-3532

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (971Kb) | Preview

    Abstract

    Pencahayaan merupakan salah satu faktor penting dalam perancangan sebuah ruang. Sekolah yang baik seharusnya didesain sehingga dapat meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. Standar pencahayaan ruang kelas di Indonesia adalah 250-300 lux. Sedangkan lampu yang dipakai dalam ruang kelas disarankan lampu dengan warna cahaya putih netral yang cahayanya dapat menyatu dengan baik dengan cahaya alami. Beberapa sekolah di Surabaya, yang menggunakan bangunan kolonial Belanda, pada umumnya memiliki masalah ada intensitas cahaya karena tidak sesuai dengan standar. Hasil pengukuran SMA. Santa Maria Surabaya pada tanggal 9 Januari 2010 menunjukkan bahwa seluruh kelas (19 kelas)memiliki masalah pencahayaan dalam hal intensitas cahaya. Dari 19 kelas yang diukur, 13 kelas tidak mencapai standar (terlalu gelap) dan 6 kelas lainnya melebihi standar sehingga kelas terlalu silau. Oleh sebab itu dibutuhkan perbaikan desain pencahayaan pada sekolah ini untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif, dan perbaikan akan dilakukan melalui metode simulasi dan optimasi untuk mencapai standar pencahayaan yang optimum. Lighting is one of the most important aspect of designing a room. A good school should be designed so that it can increase the effectivity of the learning process. The lighting design standard of classrooms in Indonesia is 250 lux – 350 lux. Meanwhile, the type of lamp recommended in a classroom is one with a neutral white lamp color that could blend well with natural daylight. The schools in Surabaya that occupies old Dutch colonial buildings today generally have problems in lighting intensity. The evaluation result in SMA. Santa Maria Surabaya on January 9, 2010 showed that all of the classrooms have lighting problems since they did not fulfill classroom lighting standards. Among 19 classrooms evaluated, 13 classrooms didn't fulfill the standard (too dark) and the other 6 were over bright. Hence, the lighting designs in these schools need to be corrected to solve vision problems. This research was done using the quantitative method of approach, and correction will be performed with simulation and optimization method to achieve the optimum lighting standard.

    Item Type: Article
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Faculty of Art and Design > Interior Design Department
    Depositing User: Purnama Esa Dora, S.Sn
    Date Deposited: 04 Apr 2014 16:34
    Last Modified: 04 Apr 2014 16:34
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16526

    Actions (login required)

    View Item