Logo

Perancangan dan Pembuatan Sistem Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Process Costing Studi Kasus pada PT. XYZ

Adipranata, Rudy and Rostianingsih, Silvia and Suryo, Njo Edwin (2013) Perancangan dan Pembuatan Sistem Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Process Costing Studi Kasus pada PT. XYZ. In: Seminar Nasional Workshop 2013, 28-09-2013 - 28-09-2013, Sidoarjo - Indonesia.

[img] PDF
Download (391Kb)

    Abstract

    Tidak adanya sistem untuk melakukan perhitungan harga pokok produksi yang dimiliki oleh PT. XYZ, menyebabkan perhitungan biaya bahan baku, overhead pabrik dan biaya tenaga kerja langsung serta pembuatan laporan yang berkaitan dengan perhitungan harga pokok produksi suatu produk masih dibuat dalam bentuk perkiraan saja. Hal ini menyebabkan biaya proses produksi sulit ditelusuri. Karena itu, pada penelitian ini dikembangkan sebuah sistem untuk mengatasi permasalahan tersebut. Langkah yang dilakukan pada penelitian ini pertama kali adalah survey ke PT. XYZ, melakukan analisa sistem yang ada saat ini, serta melakukan analisa permasalahan dan kebutuhan PT. XYZ. Kemudian dari hasil analisa yang didapat, dilakukan desain serta pengembangan sistem. Langkah terakhir adalah pengujian sistem yang telah dikembangkan terhadap kesesuaian dengan kebutuhan PT. XYZ. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain, penyimpanan pemakaian bahan baku baik yang sesuai bill of material ataupun tambahan pada aktualnya, pemakaian tenaga kerja, dan sebagainya yang berkaitan dengan proses produksi. Selain itu hasil penelitian yang telah dibuat dapat digunakan untuk mengalokasikan biaya-biaya yang terjadi pada saat proses produksi, dan dapat digunakan untuk mengolah data sehingga menghasilkan laporan-laporan yang berkaitan dengan perhitungan harga pokok produksi suatu produk secara otomatis.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: Harga Pokok Produksi, Process Costing, alokasi biaya produksi
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 23 Jun 2014 21:34
    Last Modified: 23 Jun 2014 21:34
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16590

    Actions (login required)

    View Item