Logo

Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Bidang Properti di Surabaya dengan Metode Hold#65533s Double Exponential Smoothing dan Trend Linear

Rostianingsih, Silvia and Setiawan, Alexander (2013) Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Bidang Properti di Surabaya dengan Metode Hold#65533s Double Exponential Smoothing dan Trend Linear. In: Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi , 14-12-2013 - 14-12-2013, Yogyakarta - Indonesia.

[img] PDF
Download (39Kb)
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3131Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (cek plagiasi)
      Download (148Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (peerreview)
        Download (602Kb) | Preview

          Abstract

          Properti menjadi bidang yang menarik dalam investasi. Hal ini disebabkan karena harga properti yang cenderung naik dari waktu ke waktu sehingga berinvestasi di dalam properti menjadi hal yang menguntungkan. Pemilihan properti yang tepat agar mendapatkan keuntungan menjadi faktor penentu dalam investasi ini. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, penulis membuat suatu sistem pendukung keputusan dalam pemilihan properti dengan meramalkan nilai dari properti. Studi kasus yang diambil adalah bidang property yang ada di Surabaya. Aplikasi telah berhasil meramalkan harga properti di masa yang akan datang berdasarkan elevasi tanah, harga tanah bentuk tanah, arah hadap, dan lokasi properti. Sedangkan harga properti dipengaruhi oleh adanya pusat bisnis di daerah atau lokasi tersebut, masuknya pengembang besar untuk membangun rumah, dan daerah tersebut dalam tahap berkembang. Properti dapat diramalkan nilainya di masa depan berdasarkan berapa persen kenaikan harga tersebut tiap tahun sehingga bisa disimpulkan kenaikan harga properti tersebut di masa yang akan datang. Proses perhitungan nilai lokasi properti dilakukan dengan membandingkan metode Trend Linier dan Hold#65533s Double Exponential Smoothing dengan memperhatikan faktor yang mempengaruhi harga. Beberapa faktor yang bersifat kualitatif susah untuk terukur karena kurangnya data yang dapat menunjukkan hubungan antara developer dengan kenaikan harga properti. Delapan puluh lima persen (85) dari responden menyatakan bahwa faktor yang terpenting dalam pemilihan properti adalah faktor lokasi. Metode Hold#65533s Double Exponential Smoothing lebih akurat dalam meramalkan harga properti. Hal ini disebabkan adanya konstanta pemulusan sehingga metode ini dapat mengetahui data mana yang lebih berpengaruh, apakah data yang lebih baru ataukah data yang lebih lama.

          Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
          Uncontrolled Keywords: sistem pendukung keputusan, properti, Hold#65533s Double Exponential Smoothing, Trend Linear
          Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
          Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering Department
          Depositing User: Admin
          Date Deposited: 27 Jun 2014 17:45
          Last Modified: 04 Sep 2018 11:12
          URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16622

          Actions (login required)

          View Item