Logo

STUDI TERHADAP REVERBERATION TIME PADA RUANGRUANG PERTEMUAN DI UAJY (AUDIOVISUAL, AUDITORIUM KAMPUS II DAN AUDITORIUM KAMPUS III) SEBAGAI INDIKATOR KUALITAS AKUSTIK RUANGAN

Mediastika, Christina Eviutami (2006) STUDI TERHADAP REVERBERATION TIME PADA RUANGRUANG PERTEMUAN DI UAJY (AUDIOVISUAL, AUDITORIUM KAMPUS II DAN AUDITORIUM KAMPUS III) SEBAGAI INDIKATOR KUALITAS AKUSTIK RUANGAN. Project Report. none, Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (13Mb) | Preview

    Abstract

    Kualitas akustik suatu ruangan yang dipergunakan untuk fungsi yang berhubungan dengan kualitas tata suara sangat ditentukan oleh reverberation time (RT) atau waktu dengung yang diproduksi oleh ruang tersebut. RT sangat dipengaruhi oleh kondisi permukaan elemen pembentuk ruang, yang terkait langsung dengan volume dan bentuk ruangnya. Ruang-ruang pertemuan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) perlu diuji RT-nya mengingat cukup banyaknya keluhan terhadap rendahnya kualitas akustik ruang-ruang tersebut. Pengujian secaralapangan dengan bantuan software Ecotect membuktikan bahwa dua dari tiga ruang pertemuan yang terdapat di UAJY ternyata memiliki nilai RT melampaui baku. Beberapa saran penggantian bahan pelapis ruangan dikemukakan dalam tulisan ini untuk memperbaiki kualitas ruangan agar mendekati ideal.

    Item Type: Monograph (Project Report)
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department
    Depositing User: Christina Eviutami Mediastika
    Date Deposited: 25 Aug 2014 09:34
    Last Modified: 25 Aug 2014 09:34
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16691

    Actions (login required)

    View Item