Logo

Me, Myself and I Fleksibilitas Identitas dalam Budaya Percepatan Studi kasus: Foto Profil Facebook Bing Bedjo dan Christin Ana Wijaya (Aiyuki Aikawa)

Renaningtyas, Luri (2013) Me, Myself and I Fleksibilitas Identitas dalam Budaya Percepatan Studi kasus: Foto Profil Facebook Bing Bedjo dan Christin Ana Wijaya (Aiyuki Aikawa). In: Seminar Nasional 2013: FIB Lecture Series-Media, Budaya dan Ruang Publik, 13-11-2013 - 14-11-2013, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (79Kb)
    [img] PDF
    Download (1828Kb)
      [img] PDF
      Download (2269Kb)

        Abstract

        Pada kasus Bing Bedjo dan Christin Ana Wijaya. Bing memanipulasi identitasnya dengan menempelkan potongan foto wajahnya ke potongan foto karakter Smurf atau Edward Cullen atau bahkan Jokowi, ia menciptakan identitas baru sebagai seorang Bing baru yang sangat kontras dengan entitas fisiknya didunia nyata, dimana ia adalah dosen, sedangkan Christin mengubah penampilannya dan berpose layaknya karakter-karakter anime, dengan posenya yang retorik ia berhasil meyakinkan banyak orang bahwa ia adalah Aiyuki Aikawa bukan Christin yang pendiam, sederhana dan tidak banyak orang yang tahu. Fleksibilitas identitas Bing maupun Christin adalah salah satu dari fenomena masyarakat kontemporer yang hidup di jaman teknologi informasi. Apa yang melatarbelakangi terjadinya fenomena ini adalah isu kontemporer yang menjangkiti masyarakat kontemporer dalam budaya digital. Untuk dapat memperoleh gambaran seperti apa dan bagaimana isu kontemporer ini mempengaruhi konsep identitas masyarakat di era percepatan informasi dalam konteks budaya digital, maka dalam penelitian ini akan digunakan pendekatan studi budaya kontemporer dengan metode visual experience.

        Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
        Uncontrolled Keywords: fleksibilitas, isu kontemporer, budaya digital
        Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
        H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
        T Technology > TR Photography
        Divisions: Faculty of Art and Design > Visual Communication Design Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 15 Sep 2014 17:22
        Last Modified: 15 Sep 2014 17:22
        URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16700

        Actions (login required)

        View Item