Logo

Representasi Partai Politik dan Capres-Cawapres dalam Berita Media Lokal Indonesia dalam Pemilu 2014

Nugroho, Aylanda Hidayati Dwi (2014) Representasi Partai Politik dan Capres-Cawapres dalam Berita Media Lokal Indonesia dalam Pemilu 2014. In: Seminar Internasional Bahasa, Sastra dan Nasionalisme, 22-09-2014 - 23-09-2014, Senggigi, Lombok - Indonesia.

[img] PDF
Download (259Kb)

    Abstract

    Makalah ini melaporkan analisis bagaimana partai politik dan capres dan cawapres digambarkan dalam berita koran tentang Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 di Indonesia, peristiwa politik yang sangat penting dalam menentukan masa depan bangsa. Selain tidak bisa dipilihnya kembali Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena sudah menjalani jabatan ini selama 2 periode, masalah-masalah sosial yang masih memperangkap bangsa Indonesia pastilah membangkitkan keinginan memilih calon legislatif dari partai politik yang memiliki tekad perubahan Indonesia. Misalnya, korupsi yang mewabah di Indonesia, termasuk yang menjangkiti anggota legislatif sebagai wakil rakyat, kemiskinan, dan rendahnya pendidikan dan kesehatan masyarakat. Media berita, sebagai sarana komunikasi antara politikus dan rakyat, memiliki kuasa signifikan dalam menjembatani kedua pihak. Penelitian ini bertujuan melihat seberapa jauh nilai-nilai nasionalisme dinampakkan dalam penggambaran partai politik dan capres dan cawapres tersebut sebagai bentuk kepedulian dan pembelajaran pada masyarakat dan masa depan Indonesia. Data yang dikumpulkan adalah berita Pemilu dari Jawa Pos dan Kompas dari bulan Februari sampai Juli 2014, dan dianalisis menurut teori news actor (Dwi-Nugroho, 2013) dalam perspektif analisis wacana kritis.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: representasi berita, Pemilu Indonesia, calon legislatif (caleg), calon presiden (capres), calon wakil presiden (cawapres)
    Subjects: P Language and Literature
    Divisions: Faculty of Letter > English Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 03 Sep 2014 00:01
    Last Modified: 03 Sep 2014 00:02
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16739

    Actions (login required)

    View Item