Logo

STRATEGI KOMUNIKASI “SAVE ELECTRICITY”: PENINGKATAN KESADARAN (AWARENESS) MASYARAKAT SURABAYA UNTUK MENGHEMAT PENGGUNAAN LISTRIK

Luik, Jandy E and Rohi, Daniel (2011) STRATEGI KOMUNIKASI “SAVE ELECTRICITY”: PENINGKATAN KESADARAN (AWARENESS) MASYARAKAT SURABAYA UNTUK MENGHEMAT PENGGUNAAN LISTRIK. UK Petra. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF - Updated Version
Download (816Kb) | Preview

    Abstract

    Komunikasi yang tepat dapat meningkatkan kesadaran (awareness) individu. Jika konsep ini diterapkan dalam salah satu permasalahan kontemporer seperti menghemat penggunaan listrik, maka akan menghasilkan sebuah kajian yang memadukan konten kelistrikan dan komunikasi. Di tengah pertumbuhan kelistrikan di indonesia, tentunya tidak boleh dilupakan bahwa natur sumber daya kelistrikan yang terbatas sehingga perlu adanya konservasi. Konservasi energi, yang mana listrik termasuk didalamnya, dapat dilakukan melalui dua pendekatan yaitu pendekatan teknologi dan behavioral. Pendekatan behavioral dicapai dengan melakukan motivasi dan peningkatan kesadaran (awareness) hemat listrik. Dengan melakukan survei kepada pelanggan listrik yang ada di wilayah Surabaya, maka terlihat bahwa kesadaran hemat listrik masih perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat dari adanya gap antara pemahaman konsep sebesar 4,87, dari skala 1 sampai 5, dan pemahaman praktek sebesar 4,45. Apalagi, ditambah dengan adanya skor yang cukup tinggi (3,99) bagi kebiasaan-kebiasaan yang dianggap normal tetapi nyatanya tergolong tidak hemat listrik. Dengan demikian, strategi komunikasi yang dirancang terbagi dalam dua bagian yaitu satu arah dan dua arah. Tujuan dari komunikasi ini adalah untuk merekduksi kebiasaan-kebiasaan tersebut dan mengurangi nilai gap. Temuan menarik lainnya adalah pengguna listrik tergolong dalam kategori pengguna aktif mobile communication.

    Item Type: Other
    Subjects: Communication > Applied Communication
    Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
    Depositing User: Jandy E. Luik M.A.Comms
    Date Deposited: 31 Oct 2014 14:34
    Last Modified: 31 Oct 2014 14:34
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16748

    Actions (login required)

    View Item