Logo

RAGAM HIAS BATIK JAWA TIMUR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM ELEMEN DESAIN INTERIOR MODERN KAJIAN ESTETIKA DAN PERANCANGAN DESAIN)

Wardani, Laksmi Kusuma and Sitinjak, Ronald Hasudungan Irianto (2013) RAGAM HIAS BATIK JAWA TIMUR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM ELEMEN DESAIN INTERIOR MODERN KAJIAN ESTETIKA DAN PERANCANGAN DESAIN). UNIVERSITAS KRISTEN PETRA, SURABAYA. (Unpublished)

Full text not available from this repository.

Abstract

Batik Jawa Timur merupakan aset budaya bangsa yang kaya dengan ragam hias. Estetika keindahnya terbukti tetap terjaga, bahkan berkelanjutan dan berkembang sesuai kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan berbagai macam karakteristik estetika ragam hias batik Jawa Timur. Fokus observasi objek di lapangan ditetapkan di daerah Tuban (Kerek, Tuban, Bongkol, Sidoarjo (Jetis), Madura (Tanjungbumi), dan Surabaya. Target khusus yang tercapai yakni menemukan ragam motif batik, menemukan konsep dan gagasan wal melalui alternatif pengembangan dan implementasi ragam hias batik Jawa Timur pada elemen desain interior modern, yang akan dilanjutkan pada penelitian tahun kedua. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, dengan enggunakan metode analisis deskriptif dan studi eksperimen. Hasil penelitian pertama ditemukan bahwa motif batik tradisional tetap bertahan hingga kini, dan menjadi sumber ide gagasan untuk kreasi motif baru dengan bahan baku yang terjangkau oleh ekonomi masyarakat. Ada keberlanjutan dan kesinambungan nilai budaya tradisi. Para perajin dapat bertahan di bidang seni batik tulis hingga kini karena merupakan pewaris keahlian. Mereka membuat kolaborasi nilai lama dan baru, bahkan dengan media baru. Berbagai bentuk motif yang ditemukan di lapangan terbukti memiliki gaya dan bentuk yang unik dan estetik. Ragam motif batik tulis tradisional itu dapat diterapkan pada elemen interior maupun ruang eksterior yang dapat dinikmati publik, baik pada elemen pembentuk ruang, pengisi ruang, elemen estetika maupun produk furniture.

Item Type: Other
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Faculty of Art and Design > Interior Design Department
Depositing User: Ronald Hasudungan Irianto Sitindjak
Date Deposited: 03 Nov 2014 08:41
Last Modified: 21 Jan 2016 14:23
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16758

Actions (login required)

View Item