Logo

Keterkaitan Kebiasaan Mahasiswa Menggunakan Mobil ke Kampus dengan Karakteristik Demografi, Ekonomi, dan Perjalanan Mahasiswa ke Kampus

Setiawan, Rudy and Santosa, Wimpy and Sjafruddin, Ade (2014) Keterkaitan Kebiasaan Mahasiswa Menggunakan Mobil ke Kampus dengan Karakteristik Demografi, Ekonomi, dan Perjalanan Mahasiswa ke Kampus. In: The 17th FSTPT International Symposium, 22-08-2014 - 24-08-2014, Jember - Indonesia.

[img] PDF
Download (122Kb)

    Abstract

    Pola perjalanan yang rutin dilakukan oleh mahasiswa adalah dari tempat tinggal ke kampus dan sebaliknya. Meskipun dampak negatif penggunaan mobil untuk perjalanan ke kampus telah diketahui, namun mahasiswa tetap lebih memilih menggunakan mobil ke kampus. Penelitian ini membahas keterkaitan antara kebiasaan mahasiswa menggunakan mobil ke kampus dengan berbagai karakteristik demografi, ekonomi, dan perjalanan ke kampus. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam perancangan kebijakan transportasi kampus untuk mengurangi perjalanan ke kampus dengan menggunakan mobil. Hasil analisis mengindikasikan bahwa terdapat keterkaitan antara kebiasaan mahasiswa menggunakan mobil ke kampus dengan jenis kelamin dan kota tempat tinggal. Selain itu, terdapat keterkaitan yang signifikan antara kebiasaan mahasiswa menggunakan mobil ke kampus dengan kampus, tahun studi, jarak tempat tinggal, status tempat tinggal, kepemilikan mobil, frekuensi perjalanan ke kampus per hari, kemudahan akses terhadap mobil, dan perilaku penggunaan mobil pada semester sebelumnya.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: mahasiswa pengguna mobil, kebiasaan
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 04 Nov 2014 17:51
    Last Modified: 22 Jul 2019 04:17
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16763

    Actions (login required)

    View Item