Logo

Interpretasi Out of Control Signal pada Peta Kendali T2 Hotelling dengan Metode Dekomposisi sebagai Upaya untuk Mendeteksi Kecacatan

Aysia , Debora Anne Yang and Hendryanto, Adelina (2010) Interpretasi Out of Control Signal pada Peta Kendali T2 Hotelling dengan Metode Dekomposisi sebagai Upaya untuk Mendeteksi Kecacatan. In: Seminar on Application and Research in Industrial Technology 2010, 29 Juli 2010, Jogjakarta.

[img]
Preview
PDF
Download (453Kb) | Preview

    Abstract

    Pengendalian kualitas proses dengan beberapa karakteristik kualitas perlu dilakukan pada karakteristik kualitas yang menyebabkan proses menjadi tidak terkendali, sehingga hasil yang didapat lebih maksimal. Peta kendali T2 Hotelling digunakan untuk mengendalikan proses yang mempunyai lebih dari satu karakteristik kualitas (multivariat), dimana karakteristik kualitas penyebab kecacatan dapat diketahui dengan cara menginterpretasikan sinyal data yang keluar dari batas kendali. Studi kasus dilakukan pada sebuah perusahaan sepeda, PT X, dimana jumlah produk repair pada proses welding mencapai 20% dari total produksi. Artikel ini membahas upaya untuk mendeteksi kecacatan pada proses welding PT X dengan menggunakan peta kendali T2 Hotelling. Karakteristik kualitas penyebab kecacatan dideteksi dengan cara menginterpretasikan out of control signal pada peta kendali T2 Hotelling, dengan menggunakan metode dekomposisi MYT (Mason,Tracy, and Young, 399). Dari interpretasi data tersebut, diketahui bahwa kecacatan terbesar disebabkan oleh karakteristik kualitas las, yaitu las kotor. Jenis kecacatan las kotor ini disebabkan karena kurang lamanya waktu proses pencucian pipa. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan penggunaan timer untuk tiap tahapan proses pencucian pipa.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: T Technology > TS Manufactures
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering Department
    Depositing User: Debora Anne Y. A.
    Date Deposited: 05 Nov 2014 14:10
    Last Modified: 05 Nov 2014 14:10
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16779

    Actions (login required)

    View Item