Logo

Desain Rumah Nelayan yang Berkelanjutan, menunjang Coastal Eco-city di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Mustakim, and Tanuwidjaja, Gunawan and , Lo Leonardo Agung Mulyono and Silvanus, Devi Calista and SUWANDI, EVANTI ANDRIANI and PRANOTO, MARGARETA (2014) Desain Rumah Nelayan yang Berkelanjutan, menunjang Coastal Eco-city di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. In: Seminar Nasional CITIES 2014, 01-01-2014 - 05-11-2014, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (996Kb)

    Abstract

    Kepulauan Seribu yang terletak di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan dihuni 20.000 jiwa penduduk memiliki berbagai potensi dan permasalahan di antaranya: kesenjangan pembangunan Jakarta dan Kepulauan Seribu meningkatnya peluang bencana karena perubahan iklim menurunnya hasil perikanan meningkatnya polusi dan kerusakan alam serta keterbatasan sumber daya air, yang menyebabkan terbentuknya RW kumuh. Di sisi lain, terdapat potensi yang besar untuk pengembangan sektor Pariwisata di Kabupaten ini. Memperhatikan hal ini, diusulkan desain rumah nelayan dan rumah sewa wisatawan yang terintegrasi dengan konsep penataan ulang tata ruang Pulau Panggang, yang diadopsi dari kasus Kepulauan Republik Maladewa serta memperhatikan SWOT Analysis dalam desain rumah nelayan berkonsep ruang multifungsi. Lima rekomendasi desain rumah ini mencakup Efisiensi Air Energi dan Atmosfer Material dan Sumber Daya Kualitas Udara Dalam Ruangan serta Kesadaran dan Pendidikan. Hal ini diterjemahkan pada konsep rumah panggung dengan ruang multifungsi untuk bekerja di lantai satu dan untuk ruang keluarga di lantai dua. Dapur setengah terbuka, kamar mandi dan tempat penampungan air hujan. Penghawaan silang diusulkan dengan desain jendela dan tingkap atap. Sedangkan material bangunan memanfaatkan kayu kelapa, bata atau bambu plester yang tersedia di kawasan tersebut.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: perubahan iklim keterbatasan air potensi pengembangan pariwisata, ruang multi-fungsi, rumah panggung, penampungan air hujan, penghawaan silang.
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 17 Dec 2014 23:31
    Last Modified: 18 Dec 2014 23:26
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16833

    Actions (login required)

    View Item