Logo

Pengaruh Preferensi Musik terhadap Performa Kerja Mental

Aysia, Debora Anne Yang and Palit, Herri Christian (2014) Pengaruh Preferensi Musik terhadap Performa Kerja Mental. In: Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXI, 19-07-2014 - 19-07-2014, Surabaya - Indonesia.

[img] PDF
Download (79Kb)

    Abstract

    Musik sering digunakan di berbagai aktivitas manusia, khususnya saat bekerja. Musik diyakini dapat memberikan pengaruh pada manusia, baik secara fisiologis maupun psikologis. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa musik memberikan pengaruh positif terhadap performa kerja mental, namun penelitian tersebut tidak mencakup tentang preferensi musik. Penelitian lebih lanjut dilakukan untuk menganalisa pengaruh preferensi musik seseorang terhadap performa kerja mental. Preferensi musik yang dimaksud meliputi jenis lagu yang disukai, volume dan tempo. Selain itu ditambahkan pula faktor waktu mendengarkan musik (sebelum dan pada saat melakukan aktivitas mental). Penelitian dilakukan di Lembaga Sempoa Kreatif cabang Wage, Sidoarjo. Aktivitas mental yang dilakukan adalah menghitung cepat dengan metode sempoa bayangan. Metode eksperimen yang digunakan adalah two level full factorial design. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa nilai P-value untuk faktor preferensi musik adalah sebesar 0,27 dan nilai P-value untuk faktor waktu mendengarkan musik adalah sebesar 0,616. Hal ini menunjukkan bahwa pada tingkat signifikansi 0.05, preferensi musik dan waktu mendengarkan musik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap performa kerja mental.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Additional Information: Artikel publikasi yang dikumpulkan masih berupa draft. Hal ini dikarenakan deadline pengisian IKP2M adalah 4 Juli 2014 sedangkan deadline pengumpulan artikel ke panitia seminar adalah tanggal 11 Juli 2014. Abstrak telah diterima oleh panitia seminar.
    Uncontrolled Keywords: Preferensi Musik, Performa Kerja Mental, Eksperimen, Two Level Full Factorial Design
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 23 Jun 2014 19:18
    Last Modified: 27 Aug 2014 21:14
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16932

    Actions (login required)

    View Item