Logo

PERHITUNGAN MORFOLOGI UNTUK MENGURANGI NOISE PADA SEBUAH IMAGE

Liliana, and Gunadi, Kartika and KRISTAL, DIONISIUS (2015) PERHITUNGAN MORFOLOGI UNTUK MENGURANGI NOISE PADA SEBUAH IMAGE. In: STI, - 28-07-2011, Yogyakarta - Indonesia.

[img] PDF
Download (460Kb)

    Abstract

    Di era serba digital sekarang ini, citra digital mengambil peranan yang cukup penting dalam kehidupan manusia, terutama dalam kaitannya dengan citra yang diambil menggunakan kamera digital. Orang-orang mengharapkan kualitas citra sebagus citra yang diambil menggunakan kamera film. Namun, dalam prakteknya, citra digital memiliki kelemahan, salah satunya adalah adanya munculnya noise yang cukup banyak. Beberapa produsen kamera memberikan inovasi pada kamera supaya dapat meminimalkan noise yang muncul pada hasil citra digital yang ditangkap, namun harganya relatif mahal. Untuk mengatasi masalah tersebut, algoritma untuk mengurangi noise pada citra digital banyak dikembangkan. Pembuatan aplikasi ini dilakukan untuk menerapkan proses noise reduction pada sebuah image dengan menerapkan teori dan perhitungan morfologi. Secara keseluruhan, proses pembersihan noise terbagi menjadi dua proses yaitu proses penghalusan gambar dan proses pengembalian detail image. Dalam proses penghalusan dilakukan proses OCCO (Opening-Closing-Closing-Opening) sehingga citra yang berisi noise akan menjadi halus. Lalu yang termasuk dalam proses pengembalian detail adalah proses yang dinamakan TOPBOT (Tophat Bothat filtering) di mana di dalamnya terdapat proses thresholding, ranking, dilation, isolated deletion, dan skeletoning. Hasil dari aplikasi ini menunjukkan bahwa teori dari perhitungan morfologi dapat diterapkan untuk proses pembersihan noise dalam suatu image sekaligus mengembalikan detail. Image yang dihasilkan pada perulangan pertama dan kedua secara visual masih dapat diterima, namun pada perulangan ketiga, image sudah bersifat terlalu halus dan detail sudah mulai banyak yang hilang. Pengujian program dilakukan dengan membandingkan citra hasil dari pembersihan melalui program dengan citra dengan ISO rendah (dengan asumsi citra dengan ISO rendah adalah citra tanpa noise) dengan citra hasil dari pembersihan melalui photoshop CS5 terhadap citra ISO tinggi(lebih banyak mengandung noise). Hasil pengujian program dengan menggunakan berbagai variasi ukuran noise secara morfologi menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan program ditentukan dari kecocokan antara noise pada citra dengan ukuran morfologi noise yang ditentukan oleh user. Dengan ukuran morfologi noise yang semakin besar, akan menyebabkan citra semakin blur.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Additional Information: keperluan KUM
    Uncontrolled Keywords: Image Noise Reduction, Noise Reduction, Morphology Noise Reduction, Morphology Theory, Mathematical Morphology
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 12 Feb 2015 19:02
    Last Modified: 16 Feb 2015 17:04
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/16973

    Actions (login required)

    View Item