Logo

Pengaruh Warna dalam Desain Fasilitas Perawatan Gigi Ramah Anak di Amerika

Tanuwidjaja, Gunawan and JUANDA, NJOO WILLY IVAN and HIMDOJO, SYLVIA IVANNAWATI and SALIM, EKO SUNJOYO and TONDAYANA, YOSZY ALDO and Kevin, Sylvester and Pratama, Oji and Sanjaya, Tanaka (2014) Pengaruh Warna dalam Desain Fasilitas Perawatan Gigi Ramah Anak di Amerika. In: SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI 2015 Institut Teknologi Nasional Malang, 01-01-2014 - 17-01-2015, Malang - Indonesia.

[img] PDF
Download (421Kb)

    Abstract

    Kesehatan Gigi merupakan hal yang sangat penting dalam kesehatan anak- anak. Ternyata didapati bahwa masalah gigi berlubang dialami oleh hampir 89 persen anak-anak di bawah usia 12 tahun di Indonesia. Dan didapati bahwa setiap tahunnya 60.000 pasien datang ke klinik gigi di seluruh Indonesia. Sehingga peran Klinik Gigi Anak yang baik akan sangat menjadi penting dalam perawatan kesehatan generasi penerus bangsa ini. Metode penelitian ini didasarkan pada studi literatur dan Visual Research Sanoff. Klinik Gigi Anak dapat didesain berbeda untuk menimbulkan kesan yang menyenangkan dan kekeluargaan. Hal ini yang dilakukan pada desain Klinik Gigi Tooth Tales, Florida Amerika. Konsep desainnya adalah “welcoming environment that appeals to the young patients and their parents” (memberikan suasana yang mengundang yang menarik bagi pasien muda dan orang tuanya). Hal ini ditunjukkan dari desain interior lobby, koridor dan ruang praktek. Klinik Tooth Tales memiliki 5 ruang pelayanan kesehatan, yaitu: 1 Open Bay Operatory Room, 1 X-Ray Room, 2 Quite Room, 1 Consultation Room. Ruang – ruang ini diwarnai dengan warna kuning – hijau - putih, juga dilengkapi instalasi seni pada dinding. Dan Klinik ini tidak menimbulkan kesan menakutkan bagi anak, sebaliknya memberikan keberanian dan ketenangan kepada anak – anak. Sehingga klinik ini secara visual sangat menarik tetapi tetap memenuhi persyaratan sebagai Klinik Kesehatan.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Additional Information: https://repository.petra.ac.id/16898/1/124._Tanuwidjaja_(956-963)_-_Pengaruh_Warna_dalam_Desain_(2).pdf
    Uncontrolled Keywords: klinik gigi, kreatif, warna kuning – hijau, suasana menarik, ketenangan bagi pasien
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 23 Jan 2015 23:37
    Last Modified: 22 Jul 2019 04:47
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/17016

    Actions (login required)

    View Item