Logo

Pengajaran Struktur Data Dengan Menggunakan Metode Games-based Competitive Strategy, Problem-based dan Cooperative Learning

Yulia, and Liliana, (2015) Pengajaran Struktur Data Dengan Menggunakan Metode Games-based Competitive Strategy, Problem-based dan Cooperative Learning. In: KNSI 2015, 26-02-2015 - 28-03-2015, Manado - Indonesia.

[img]
Preview
PDF (Full Text)
Download (1646Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (plagiarism Check)
    Download (61Kb) | Preview

      Abstract

      Struktur Data (SD) adalah mata kuliah utama dalam kurikulum Bidang Teknologi Informasi, menyediakan teknik dan metode yang dibutuhkan untuk membangun solusi yang efisien dalam menyelesaikan suatu permasalah pemrograman. Beberapa materi yang dipelajari dalam SD antara lain classes dan methods yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi data. Seperti, bagaimana merancang, mengimplementasikan dan menggunakan sekumpulan class: linked structures, lists, stacks, queues, graphs, dan tree. SD serba tidak terpola, tidak terstruktur dan aplikatif, sehingga perlu kreatifitas dalam berpikir dan memecahkan persoalan. Akibatnya pada saat mengerjakan sebuah kasus, peserta didik kesulitan merancang struktur data dari suatu objek. Akibatnya ketika kasus semakin kompleks dimana banyak objek di dalamnya, maka peserta didik semakin kesulitan, baik dalam merancang sebuah objek maupun merancang relasi antar objek. Pada paper ini dirancang sebuah metode pembelajaran dengan menggunakan gabungan metode competitive strategy games-based learning, problem-based learning dan cooperative learning. Dengan penggabungan tiga metode ini diharapkan proses pembelajaran lebih efektif. Metode ini telah diimplementasikan pada tiga kelas dengan jumlah peserta didik total 92 orang. Metode ini terbukti telah menaikkan tingkat kelulusan dari 80% menjadi 92.39% dan menaikkan rata-rata nilai kelulusan dari 2.55 menjadi 2.89.

      Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
      Additional Information: -
      Uncontrolled Keywords: competitive strategy games-based learning, cooperative learning, data structure, problem-based learning
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
      Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 29 Apr 2015 18:44
      Last Modified: 16 May 2018 14:10
      URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/17039

      Actions (login required)

      View Item