Logo

Analisis atas hubungan motivasi pergantian CEO dan motivasi pajak penghasilan terhadap earning management pada industri manufaktur food and beverages

Handoko, Jimmy (2006) Analisis atas hubungan motivasi pergantian CEO dan motivasi pajak penghasilan terhadap earning management pada industri manufaktur food and beverages. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Full text not available from this repository.

Abstract

Earnings management merupakan tindakan manajemen yang berupa campur tangan dalam proses penyusunan laporan keuangan dengan maksud untuk menguntungkan dirinya secara personel maupun untuk meningkatkan nilai perusahaan. Pengujian pada penelitian ini dilakukan terhadap variabel pergantian CEO dan variabel pajak penghasilan yang diduga melakukan earnings management. Metode yang digunakan untuk mengukur earnings management yaitu dengan pendekatan total accrual sebagai proxy dari discretionary accrual. Sampel penelitian menggunakan industri manufaktur food and beverages yang telah terdaftar pada Bursa Efek Surabaya periode 2000-2004. Analisis yang digunakan untuk menguji penelitian ini adalah binary logistic dengan menggunakan software SPSS versi 10. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa variabel pergantian CEO dan variabel pajak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap earnings management. Variabel pergantian CEO tidak terbukti karena kondisi perusahaan saat pergantian CEO sedang stabil sehingga tidak terjadi pola take a bath, yang dapat membahayakan posisi CEO baru tersebut. Sedangkan variabel pajak penghasilan tidak terbukti karena adanya peraturan perpajakan yang mengikat sehingga keluasaan manajemen dalam melakukan earnings management terbatasi dan adanya kompensasi kerugian tahun lalu yang masih dimiliki perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: management, total accrual, discretionary accrual, accounting, tax
Subjects: UNSPECIFIED
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Mar 2011 18:48
Last Modified: 31 Mar 2011 20:48
URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item