Logo

APLIKASI SUSTAINABLE PRODUCT DEVELOPMENT DALAM OPTIMASI JUMLAH BAUT PADA SAMBUNGAN RESERVOIR TEKAN PIPA HYDRANT DENGAN MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT APPLICATION

Anggono, Willyanto and Jonoadji, Ninuk and Subiyanto, Ricky and Tanoto, Michael S.C. (2014) APLIKASI SUSTAINABLE PRODUCT DEVELOPMENT DALAM OPTIMASI JUMLAH BAUT PADA SAMBUNGAN RESERVOIR TEKAN PIPA HYDRANT DENGAN MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT APPLICATION. In: Seminar Nasional Teknik Mesin 9, 14-08-2014 - 14-08-2014, Surabaya - Indonesia.

[img]
Preview
PDF
Download (4Mb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (cek plagiasi)
    Download (73Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (peerreview)
      Download (662Kb) | Preview

        Abstract

        Hydrant merupakan komponen utama yang sangat penting dalam suatu bangunan yang berfungsi untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran. Pada sistem perpipaan hydrant, terdapat sambungan-sambungan yang bertujuan untuk mempermudah pemasangan dan penataan dan akan dapat meniimbulkan permasalahan jika tidak direncanakan dengan baik. Terdapat dua cara penyambungan yang biasanya digunakan dalam pemasangan sambungan perpipaan hydrant yaitu pengelasan dan penyambungan menggunakan baut. Pada sistem perpipaan dengan menggunakan sambungan baut, sistem hydrant terhubung dengan suatu sistim perpipaan yang terdapat penghubung-penghubung (flens) dan suatu sistem pengikat baut dan mur antara satu pipa dengan pipa lainnya. Penyambungan dengan menggunakan baut lebih fleksibel tetapi memiliki kekurangan yang sangat fatal jika tidak didesain dengan baik yaitu masalah kebocoran sambungan pada flens yang dibaut. Pada awalnya tingkat kebocoran yang terjadi adalah sangat kecil tetapi jika dibiarkan terus-menerus akan membesar dan dapat membahayakan orang-orang yang berada disekitar sambungan itu maupun semua orang dalam bangunan tersebut. Permasalahan diatas disebabkan karena sambungan yang tidak rapat dan juga cara penyambungan yang dilakukan dengan tidak sempurna sehingga masih terdapat celah (lubang) meskipun kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan optimasi perbandingan diameter flens terhadap jumlah baut pada sambungan reservoir tekan pipa hydrant dengan menggunakan ANSYS (Finite Element Application) sofware yang berbasis metode elemen hingga. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada optimasi jumlah baut pada sambungan flens 12#65533 pada jumlah baut 12 buah dengan Finite Element Application didapatkan bahwa ukuran baut optimum yang dipergunakan adalah masing-masing 3/4#65533 dan 1#65533 dengan hasil celah maksimum yang terjadi masing-masing sebesar 0.0109 mm dan 0.0107 mm. Proses desain dengan menggunaan ANSYS software (Finite Element Application) sesuai dengan pendekatan sustainable product development atau pengembangan produk yang berkesinambungan dan dapat mengurangi biaya, waktu serta penggunaan material.

        Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
        Uncontrolled Keywords: Hydrant, Flens, Finite Element Application. Sustainable Product development
        Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
        Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering Department
        Depositing User: Admin
        Date Deposited: 09 Feb 2015 17:51
        Last Modified: 22 Jul 2019 05:06
        URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/17188

        Actions (login required)

        View Item